Informasi Tentang Industri Perhotelan

 

Kegiatan Pembelajaran 1: Informasi Tentang Industri Perhotelan

A. Tujuan

Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan pembelajaran 1 (satu) peserta diklat mampu menggali dan merinci informasi tentang industri perhotelan. Dengan kompetensi dan sumber belajar yang mendukung, maka peserta diklat mampu mengaplikasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Bagaimana caranya agar informasi tentang industri perhotelan dapat dipahami dengan cara menganalisi sumber-sumber informasi sampai mengevaluasi penerapan informasi tersebut sebaik mungkin.

 Kompetensi ini dipakai dalam semua divisi di industri perhotelan antara lain front office, housekeeping, food and beverage service, food production, travel agencies dan tour operator.

 

B. Indikator Pencapaian Kompetensi

·         Menganalisis sumber-sumber informasi dalam industri perhotelan

·         Mengelola informasi berkaitan dengan industri perhotelan

·         Mengakses informasi tertentu untuk mengetahui perkembangan industri perhotelan

·         Menggunakan informasi tentang industri perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugasnya

·         Melaksanakaan kajian formal dan/atau informal untuk memperbaharui peningkatan kompetensi pada bidang industri perhotelan

·         Mengevaluasi penerapan informasi dan pengetahuan terbaru tentang industri perhotelan

 

C. Uraian Materi

Kegiatan Pembelajaran 1. Menggali Dan Merinci Informasi Tentang Industri Perhotelan terdiri dari 6 (enam) Indikator Pencapaian Kompetensi, yaitu:

1. Menganalisis sumber-sumber informasi dalam industri perhotelan

Indikator menganalisis sumber-sumber informasi dalam industri perhotelan, merupakan salah satu cara bagaimana anda memperoleh informasi yang akan mendukung pekerjaan anda di bidang perhotelan.

Hal ini penting untuk memiliki informasi kekinian sehingga Anda dapat:

§      Berbicara dengan pelanggan tentang hal-hal baru atau peristiwa khusus yang berhubungan dengan kondisi atau kejadian saat ini pada industri perhotelan.

§      Sebagai peluang menampilkan diri untuk merencanakan karir Anda

§      Tahu kapan Anda harus memperbarui pelatihan Anda (pengetahuan dan keterampilan) sehubungan dengan perubahan undang-undang, peralatan, teknologi, hal-hal kekinian dan praktek industri terbaik 8 Modul Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

§      Memupuk dan memelihara kepentingan profesional Anda, khususnya dalam profesi Perhotelan

§      Berkomunikasi secara efektif dengan rekan-rekan dan manajemen

§      Mempelajari teknik-teknik baru dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang selalu baru (up-date) ke dalam aktifitas kerja sehari-hari

§      Mengembangkan apresiasi yang lebih luas tentang industri perhotelan - sehingga Anda mendapatkan posisi kerja yang lebih baik.

 

Ada banyak sumber informasi yang dapat membantu Anda untuk mendapat informasi tentang Industri Perhotelan, beberapa di antaranya adalah:

Bahan Tertulis

Ada banyak bahan tertulis yang dapat digunakan untuk mendapatkan pembaruan pengetahuan dan informasi industri Perhotelan, diantaranya adalah:

Buku Referensi Buku

Referensi dapat diperoleh dari berbagai buku seperti pilihan perjalanan, tujuan dan atraksi, restoran/ tempat makan, bar, akomodasi/ penginapan, manajemen dan semua yang berhubungan dengan operasional.

Buku Panduan:

Buku Panduan dibaca oleh wisatawan untuk membantu mereka mendapatkan informasi dari negara yang akan mereka kunjungi, berguna sebagai referensi untuk staf yang bekerja di negara-negara lain atau sebagai sumber informasi bagi banyak orang, antara lain guide atau travel agent.

Banyak buku panduan yang tersedia secara dalam jaringan (online) dapat diunduh (download) gratis, atau dapat dibeli secara online.

Brosur

 Bagi para profesional di industri pariwisata informasi dari brosur tersebut bermanfaat untuk mendapatkan ide dari apa yang wisatawan harapkan ketika mereka mengunjungi suatu negara, untuk dapat menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat.

Brosur, daftar harga dan jadwal: kebanyakan tempat, atraksi, pemasok dan layanan industri menyediakan beberapa bentuk bahan cetak untuk membantu mereka belajar tentang:

· Produk dan jasa

 · Rincian kontak untuk bisnis mereka, termasuk jam operasi Persyaratan perdagangan

Majalah Perjalanan Wisata

Majalah Perjalanan Wisata - yang dapat dibeli dari agen koran atau diperoleh melalui berlangganan.

Koran/ Newsletter

Koran dalam bentuk cetakan dan sekarang dalam bentuk elektronik dan sebagian besar gratis. Koran sering diproduksi oleh pemasok industri / jasa baik dukungan pemerintah atau lembaga swasta dan tersedia sebagai modal pemasaran dan/atau alat komunikasi - mereka umumnya mengandung komponen iklan yang signifikan (yang dengan sendirinya dapat berguna), tetapi mereka juga berguna karena berisi banyak item / artikel yang dapat diterapkan di tempat bekerja.

Perpustakaan:

Perpustakaan umum yang disediakan oleh institusi Pariwisata merupakan sarana untuk mendapatkan informasi tentang Hotel atau Pariwisata, juga berfungsi sebagai tempat atau salah satu lembaga pelatihan dimana Anda tidak perlu membayar.

Pusat Informasi Pengunjung (Visitor Information Centre)

Pada saat anda melakukan perjalanan, anda membutuhkan informasi tentang daerah tujuan wisata tersebut. Pusat Informasi ini adalah tempat pertama yang anda kunjungi saat anda akan melakukan perjalanan di suatu Negara atau daerah yang belum pernah anda kunjungi.

Anda harus mengembangkan pengetahuan industri lokal dalam kaitannya dengan Informasi hotel dan perjalanan. Informasi apa pun yang anda perlukan telah mereka sediakan: ada daftar layanan lokal pemerintah dan nomor kontak telepon, brosur tentang layanan penyewaan mobil, selebaran tentang atraksi lokal wisata, booklet tentang wisata lokal, pengunjung lokal dan panduan budaya yang menarik.

Buku Telepon

Buku telepon merupakan sumber informasi yang berisi nomor telepon pribadi maupun perusahaan yang sudah mendaftar pada perusahaan Yellow Pages

Internet

Beberapa “bahan tertulis” di atas merupakan sumber yang berbasis internet dan internet merupakan sumber informasi.

Dan sumber informasi ini termasuk juga pihak-pihak yang menyediakan layanan sebagai berikut:

·         Pengusaha makanan, minuman, perlengkapan, peralatan, operator tur, lembaga wisata

·         Asosiasi industri - badan perwakilan industri dan / atau lembaga yang mewakili industri untuk pemerintah, media, serikat pekerja dan lainnya yang saling bekerjasama

·         Badan pemerintah yang mengawasi penyediaan minuman keras, game, keamanan pangan, kesehatan kerja dan keselamatan , tembakau, hubungan industrial, operasi bisnis, situs perpajakan

·         Kesempatan khusus ini adalah salah satu kegiatan dari pekerjaan kita, sehingga kita dapat melakukan penawaran dengan membandingkan kesempatan-kesempatan khusus tersebut

Konferensi dan Seminar

Bila memungkinkan Anda harus menghadiri kegiatan konferensi dan seminar dan diupayakan untuk menghadiri satu kegiatan konferensi atau seminar utama setidaknya setiap dua tahun (baik nasional maupun internasional)

Konferensi dan seminar sangat berguna karena mereka:

· bermanfaat untuk memulai 'jaringan' sesegera mungkin kontak industri

· mendapatkan sumber yang baik tentang ide-ide baru, produk baru dan pemikiran baru industri perhotelan

· Sebuah kesempatan yang baik untuk berbagi dan menguji ide-ide - dengan orang lain dalam industry

Peluncuran Produk

Anda yang sudah bekerja di industri Anda berada dalam posisi yang baik untuk menghadiri banyak acara peluncuran produk/ promosi untuk memperkenalkan satu produk baru. Dari kegiatan tersebut Anda akan mencari tahu tentang produk mereka lebih daripada orang yang tidak bekerja di industri.

Asosiasi Industri

Asosiasi industri adalah satu kumpulan industri tempat dimana kita dapat memilih untuk bergabung sebagai anggota Asosiasi yang sudah diakui Pemerintah secara legal. Asosiasi

Asosiasi Industri melayani sektor industri tertentu dan menyediakan bisnis /pengusaha dengan berbagai layanan yang dapat mencakup :

·         Asosiasi industri - berarti bertindak sebagai sebuah industri yang menyuarakan/ juru bicara dari berbagai elemen seperti serikat kerja , media, dan pemerintah

·         Nasihat hukum - tentang masalah hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja

·         Pelatihan - untuk staf manajemen dan operasional

·         Standar industri atau benchmark - anggota dapat memilih badan atau asosiasi industri dan sebagai tempat praktek standar asosiasi

·         Penghematan biaya - bagi anggotanya asosiasi mendapat berbagai tarif diskon untuk produk dan jasa dari pemasok industry

·         Data riset pasar - melalui usaha riset pasar yang sedang berlangsung ke dalam isu-isu menarik bagi anggota.

Serikat Industri

Dengan cara yang sama asosiasi industri mewakili kepentingan pengusaha / bisnis, serikat mewakili kepentingan karyawan / pekerja.

Kolega, supervisor dan manajer

Mereka dapat membantu Anda mencari tahu apa yang terjadi di tempat kerja dan dalam industri perhotelan yang lebih luas, arah bisnis yang akan diambil ,mereka memikirkan tentang hubungan industri dengan berbagai stakeholder, dan secara pribadi mereka memikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam hal perkembangan karir ke depan.

Mengembangkan jaringan industri oleh Anda sendiri

Anda harus mulai membentuk jaringan industri untuk membantu Anda dalam pekerjaan Anda, dan untuk memberikan informasi tentang apa yang terjadi di industri di tempat lain Untuk mengembangkan jaringan informasi Anda perlu menargetkan dan berbicara dengan orang yang Anda hormati perwakilan dari pemilik, pekerja, manajer perusahaan pada bidang industri perhotelan.

Menggunakan layanan informasi/ fee-for -service provider

Layanan ini menyediakan dan menganalisis informasi dari berbagai daerah industri, misalnya, fokus pada isu-isu seperti alasan orang untuk mengunjungi negara/ daerah, sumber wisatawan mancanegara, pola pengeluaran, lama berkunjung, atraksi dan tujuan mengunjungi dan kisaran topik yang hampir tak terbatas.

 

2. Mengelola informasi berkaitan dengan industri perhotelan

Mengelola pengetahuan dari hotel dan perjalanan industri dalam konteks yang benar untuk meningkatkan kualitas kinerja. Agar apa yang Anda miliki harus Anda praktikkan dan belajar untuk penggunaannya.

Lingkup kewenangan berhubungan dengan:

§      Kemampuan mereka untuk bertindak atas nama tempat kerja

§      Otoritas mereka untuk mempergunakan uang atas nama tempat kerja

§      Otoritas mereka untuk bertindak dalam situasi tertentu - seperti ketika ada keluhan: juga seperti dalam keadaan darurat, menerima pemesanan, membuat penawaran khusus. Ini adalah industri dan standar persyaratan tempat kerja Anda yang dialokasikan lingkup kewenangan.

§      Secara umum adalah mungkin untuk mengatakan kondisi kerja industri umumnya ditandai dengan:

§      Tingginya kadar interaksi dengan orang lain - sering dikatakan perhotelan adalah 'orang bisnis': banyak pelanggan, pengunjung, wisatawan.

§      Waktu yang lama pada kaki Anda saat berdiri, berjalan, bekerja: ini dapat membuat pekerja sangat lelah

§      Bekerja di bawah tekanan - industri perhotelan sangat terfokus pada waktu dan hampir selalu ada kebutuhan untuk mendapatkan hal-hal yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu .

§      Anda perlu untuk bekerja dengan cepat di berbagai bidang seperti menerima pesanan tamu, melayani makanan dan minuman, memeriksa tamu, dan memeriksa permintaan mereka, memeriksa waktu pertemuan, membersihkan kamar, melakukan tur dan bekerja sesuai tugas.

§      Bekerja ketika teman Anda tidak di tempat kerja - industri perhotelan akan meminta Anda untuk bekerja di malam hari, pada akhir pekan dan hari libur umum ketika teman-teman dan keluarga mungkin memiliki waktu libur dan ingin Anda untuk menghabiskan waktu dengan mereka.

3. Mengakses informasi tertentu untuk mengetahui perkembangan Industri Perhotelan

Untuk meningkatkan kemampuan karyawan pada kemampuan mengakses informasi tertentu tentang perkembangan Industri Perhotelan, perusahaan memberikan:

a.      Kompensasi bagi pekerja, diantaranya adalah:

·      Pengusaha wajib memberikan perlindungan kompensasi pekerja asuransi: ini berarti karyawan harus diasuransikan oleh tempat kerja mereka terhadap cedera atau penyakit di tempat kerja .

·      Kompensasi dari asuransi akan menutupi biaya pekerja yang berkaitan dengan rehabilitasi yang terluka selama tahap pemulihan dan menyediakan penggantian upah

·      Ada juga merupakan persyaratan setiap usaha yang dilakukan oleh majikan untuk merehabilitasi pekerja .

·      Pekerja diminta untuk bekerja sama dengan dokter atau tenaga medis untuk memfasilitasi mereka kembali ke dunia kerja: ini mungkin termasuk menghadiri sesi yang dirancang untuk merehabilitasi mereka, atau bekerja dalam tugas-tugas yang berbeda di tempat kerja mereka

 

b.      Pelatihan

Pelatihan dapat terjadi di tempat kerja atau di luar tempat kerja, menggunakan pelatih dari dalam/ in-house atau pelatih eksternal. Partisipasi dalam pelatihan dapat meningkatkan kondisi kerja Anda.

·      Pelatihan industri umumnya diperlukan untuk mendapatkan lisensi/ sertifikat yang berkaitan dengan layanan minuman keras, makanan yang aman dan penanganan game serta prosedur persiapan dan layanan seperti prosedur darurat, evakuasi, makanan dan minuman.

·      Kurangnya perhatian terhadap pelatihan sering mengarah ke tingkat berkurang kompetensi yang memiliki dampak buruk pada kerja Anda yang sedang berlangsung, dan/ atau makhluk dialokasikan jam tambahan promosi

 

c.       Keterampilan dan pengetahuan

Bagi orang-orang yang bekerja di industri ini, pengusaha dan pelanggan mengharapkan staf memiliki atau mengembangkan:

§      Keterampilan sosial - ini berhubungan dengan cara seseorang mencerminkan sifat mereka sendiri, kepribadian dan sikap kepada orang lain, dan cara mereka berinteraksi dengan orang lain

§      Keterampilan teknis - ini adalah 'hands-on' keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas dan kerja

§      Pengetahuan produk - ini adalah pengetahuan penting tentang tempat kerja, dimana karyawan mendapatkan pengetahuan dan karya tentang produk, layanan dan fasilitas tempat menawarkan untuk penggunaan/ penjualan

§      Sikap yang benar - sering dikatakan sebagai 'hal kecil yang membuat perbedaan besar'

 

4. Menggunakan informasi tentang industri perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugasnya

Menggunakan informasi tentang industri perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugas anda akan membantu kinerja agar menghasilkan kerja yang lebih efektif.

 

Cara mendapatkan informasi

Dalam prakteknya para Front Office Attendant, Housekeeping Attendant, Chef, Security, Sales and Marketing, Maintenance and Repair, para Supervisor dan Manager sebuah Hotel untuk mendapatkan informasi, dapat berarti :

Berlangganan dan membaca majalah industri dan newsletter

§      Memilih dan membaca surat kabar lokal dan kota - terutama bagian yang membawa artikel / fitur acara di perhotelan dan pariwisata

§      Mendapatkan daftar e-mail Internet dan menerima newsletter dan update dari instansi pemerintah industri yang relevan, pemasok dan /atau layanan dukungan

§      Bergabung dengan serikat lokal atau asosiasi industri untuk menerima isu-isu yang paling utama dalam pikiran mereka

§      Membaca buku pada sektor industri tempat Anda bekerja - Anda harus membaca secara luas dan mencakup biografi orang-orang industri, teks manajemen, bahan referensi praktis dan literatur umum pada topik industri yang beragam

§      Keluar untuk melihat apa yang terjadi, apa yang orang lakukan, apa yang dilakukan pesaing, dan apa yang orang lakukan dan katakan.

 

Profit dan non-profit bisnis

Industri perhotelan dapat dibagi menjadi dua kategori umum - komersial dan nonkomersial.

Perusahaan komersial beroperasi untuk keuntungan. Ini termasuk hotel, motel, pusat konvensi dan restoran: klub berlisensi berusaha untuk beroperasi pada keuntungan tetapi keuntungan mereka harus kembali ke klub untuk kepentingan anggota dan dianggap sebagai 'bukan untuk keuntungan' meskipun mereka berusaha untuk perdagangan pada keuntungan.

Pendirian non-komersial tidak berusaha untuk mendapatkan keuntungan, beberapa bahkan bertindak dalam kapasitas amal atau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat: ini dapat mencakup beberapa rumah sakit dan kantin yang beroperasi di beberapa tempat kerja dan disubsidi oleh perusahaan atau beberapa sumber pendanaan lainnya .

 

Jenis bisnis yang berbeda dalam definisi yang luas dari industri perhotelan?

§Restoran

§Kafe

§Hotel

§Outlet Makanan Cepat Saji

§Kantin

§Kasino

§Pusat Konvensi

§Klub Berlisens

 

Restoran

Restoran adalah tempat memproduksi makanan dan yang menyediakan pelayanan makanan untuk konsumsi di tempat

Kafe

Sebuah kafe dapat melayani sarapan, makan siang, makan malam dan sering diantaranya disediakan kopi dan kue atau makanan ringan lainnya.

Hotel

Hotel adalah penginapan yang disediakan bagi tamu yang sedang melakukan perjalanan dari tempat tinggal mereka untuk kegiatan bisnis, bekerja atau berlibur. Jangkauan Hotel sangat luas, Hotel lokal atau internasional dari bintang satu, bintang lima atau bintang lima Plus (Diamond), yang menampilkan berbagai standar tertentu, menyediakan macam fasilitas termasuk, misalnya 24 jam layanan Room Service.

Outlet makanan cepat saji

Gerai makanan cepat saji, meliputi merek internasional seperti: KFC, McDonald, atau Pizza Hut. Banyak makanan cepat saji adalah pra - siap dan terus siap untuk dijual segera dengan penekanan pada kecepatan: makanan lain 'dimasak setelah dipesan' .

Kantin

Kantin biasanya beroperasi dalam lingkungan tempat kerja seperti tambang atau bangunan, pabrik atau beberapa lokasi kerja lainnya, menyediakan makanan dan minuman untuk para pekerja. Makanan dapat mencakup makanan ringan, makanan lengkap dan berbagai jenis permen dan es krim. Minuman bisa teh dan kopi serta berbagai minuman dingin termasuk minuman kaleng /botol minuman ringan

Kasino

Kasino biasanya memiliki beberapa jumlah departemen, seperti hotel bintang lima, namun perbedaan utama adalah mereka memiliki departemen game besar mempekerjakan staf dengan keterampilan khusus. Semua karyawan ini harus berlisensi khusus untuk menjalankan tugasnya - untuk bekerja di kasino, dan staf tanpa izin adalah ilegal.

Gedung Pertemuan Serba Guna (Ballroom)

Gedung Pertemuan Serba Guna dapat menawarkan berbagai layanan, meskipun ukuran luas gedungnya bervariasi sesuai dengan ukuran dan kapasitas yang tersedia. Beberapa gedung pertemuan dapat memenuhi 3.500 tamu dalam satu hari, memiliki dapur dengan chef yang mengolah menu utama dengan metode masak panas /dingin, dan staf sebagian besar untuk menyiapkan hidangan panas dan beberapa memiliki bakery sendiri.

Klub Berlisensi

Klub dapat memiliki sejumlah departemen termasuk restoran, bar, toko menjual minuman beralkohol, berfungsi sebagai temapt hiburan, olahraga dan rekreasi, kantor depan, keamanan, game dan akomodasi. Klub menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan anggota dan tamu mereka .

Klub malam

Klub malam adalah tempat populer di Hotel. Ada berbagai bidang pekerjaan di klub malam - bar, restoran, receptionist, keamanan dan hiburan

Resorts

Resorts dapat menawarkan berbagai layanan termasuk makanan dan minuman, akomodasi, konferensi, klub malam, kegiatan olahraga, hiburan dan kegiatan rekreasi.

Bidang lain di industri perhotelan

Bidang pekerjaan lain di industri perhotelan meliputi:

·         Rumah sakit - dan keperawatan dan rumah pensiun

·         Penyedia akomodasi - seperti rumah tamu, Bed & Breakfast, akomodasi backpacker

·         Fasilitas olahraga / tempat - tempat disajikan makanan dan minuman

·         Besar dan kecil perusahaan katering - yang menyediakan off-site katering dan jasa catering subkontrak ke bisnis lain

·         Apartemen eksekutif - di mana disediakan layanan rumah tangga dan pembersihan

·         Pasukan Pertahanan - menampilkan berbagai layanan: memasak, rumah tangga, laundry, pelayanan makanan dan minuman

·         Taman karavan - dengan makanan yang terbatas, toko-toko ritel, layanan pembersihan

·         Airlines, kereta api, depot bus dan kapal pesiar - dengan berbagai tingkat makanan dan minuman, rumah tangga / layanan kabin



sekian, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata Perlengkapan dan Trolley (room attendant trolley)

MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION