Informasi Tentang Industri Perhotelan
Kegiatan
Pembelajaran 1: Informasi Tentang Industri Perhotelan
A. Tujuan
Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan
pembelajaran 1 (satu) peserta diklat mampu menggali dan merinci informasi
tentang industri perhotelan. Dengan kompetensi dan sumber belajar yang
mendukung, maka peserta diklat mampu mengaplikasikan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran. Bagaimana caranya agar informasi tentang industri perhotelan
dapat dipahami dengan cara menganalisi sumber-sumber informasi sampai
mengevaluasi penerapan informasi tersebut sebaik mungkin.
Kompetensi
ini dipakai dalam semua divisi di industri perhotelan antara lain front office,
housekeeping, food and beverage service, food production, travel agencies dan
tour operator.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menganalisis sumber-sumber informasi
dalam industri perhotelan
·
Mengelola informasi berkaitan dengan
industri perhotelan
·
Mengakses informasi tertentu untuk
mengetahui perkembangan industri perhotelan
·
Menggunakan informasi tentang industri
perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugasnya
·
Melaksanakaan kajian formal dan/atau
informal untuk memperbaharui peningkatan kompetensi pada bidang industri
perhotelan
·
Mengevaluasi penerapan informasi dan
pengetahuan terbaru tentang industri perhotelan
C.
Uraian Materi
Kegiatan Pembelajaran 1.
Menggali Dan Merinci Informasi Tentang Industri Perhotelan terdiri dari 6
(enam) Indikator Pencapaian Kompetensi, yaitu:
1.
Menganalisis sumber-sumber informasi dalam industri perhotelan
Indikator menganalisis
sumber-sumber informasi dalam industri perhotelan, merupakan salah satu cara
bagaimana anda memperoleh informasi yang akan mendukung pekerjaan anda di
bidang perhotelan.
Hal ini penting untuk
memiliki informasi kekinian sehingga Anda dapat:
§ Berbicara
dengan pelanggan tentang hal-hal baru atau peristiwa khusus yang berhubungan
dengan kondisi atau kejadian saat ini pada industri perhotelan.
§ Sebagai
peluang menampilkan diri untuk merencanakan karir Anda
§ Tahu
kapan Anda harus memperbarui pelatihan Anda (pengetahuan dan keterampilan)
sehubungan dengan perubahan undang-undang, peralatan, teknologi, hal-hal
kekinian dan praktek industri terbaik 8 Modul Paket Keahlian Akomodasi
Perhotelan - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
§ Memupuk
dan memelihara kepentingan profesional Anda, khususnya dalam profesi Perhotelan
§ Berkomunikasi
secara efektif dengan rekan-rekan dan manajemen
§ Mempelajari
teknik-teknik baru dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang
selalu baru (up-date) ke dalam aktifitas kerja sehari-hari
§ Mengembangkan
apresiasi yang lebih luas tentang industri perhotelan - sehingga Anda
mendapatkan posisi kerja yang lebih baik.
Ada banyak sumber
informasi yang dapat membantu Anda untuk mendapat informasi tentang Industri
Perhotelan, beberapa di antaranya adalah:
Bahan
Tertulis
Ada banyak bahan
tertulis yang dapat digunakan untuk mendapatkan pembaruan pengetahuan dan
informasi industri Perhotelan, diantaranya adalah:
Buku
Referensi Buku
Referensi dapat
diperoleh dari berbagai buku seperti pilihan perjalanan, tujuan dan atraksi,
restoran/ tempat makan, bar, akomodasi/ penginapan, manajemen dan semua yang
berhubungan dengan operasional.
Buku
Panduan:
Buku Panduan dibaca
oleh wisatawan untuk membantu mereka mendapatkan informasi dari negara yang
akan mereka kunjungi, berguna sebagai referensi untuk staf yang bekerja di
negara-negara lain atau sebagai sumber informasi bagi banyak orang, antara lain
guide atau travel agent.
Banyak buku panduan
yang tersedia secara dalam jaringan (online) dapat diunduh (download) gratis,
atau dapat dibeli secara online.
Brosur
Bagi para profesional di industri pariwisata
informasi dari brosur tersebut bermanfaat untuk mendapatkan ide dari apa yang
wisatawan harapkan ketika mereka mengunjungi suatu negara, untuk dapat menjadi
pengalaman yang sangat bermanfaat.
Brosur, daftar harga
dan jadwal: kebanyakan tempat, atraksi, pemasok dan layanan industri
menyediakan beberapa bentuk bahan cetak untuk membantu mereka belajar tentang:
· Produk dan jasa
· Rincian kontak
untuk bisnis mereka, termasuk jam operasi Persyaratan perdagangan
Majalah
Perjalanan Wisata
Majalah Perjalanan
Wisata - yang dapat dibeli dari agen koran atau diperoleh melalui berlangganan.
Koran/
Newsletter
Koran dalam bentuk
cetakan dan sekarang dalam bentuk elektronik dan sebagian besar gratis. Koran
sering diproduksi oleh pemasok industri / jasa baik dukungan pemerintah atau
lembaga swasta dan tersedia sebagai modal pemasaran dan/atau alat komunikasi -
mereka umumnya mengandung komponen iklan yang signifikan (yang dengan
sendirinya dapat berguna), tetapi mereka juga berguna karena berisi banyak item
/ artikel yang dapat diterapkan di tempat bekerja.
Perpustakaan:
Perpustakaan umum yang
disediakan oleh institusi Pariwisata merupakan sarana untuk mendapatkan
informasi tentang Hotel atau Pariwisata, juga berfungsi sebagai tempat atau
salah satu lembaga pelatihan dimana Anda tidak perlu membayar.
Pusat
Informasi Pengunjung (Visitor Information Centre)
Pada saat anda
melakukan perjalanan, anda membutuhkan informasi tentang daerah tujuan wisata
tersebut. Pusat Informasi ini adalah tempat pertama yang anda kunjungi saat
anda akan melakukan perjalanan di suatu Negara atau daerah yang belum pernah
anda kunjungi.
Anda harus
mengembangkan pengetahuan industri lokal dalam kaitannya dengan Informasi hotel
dan perjalanan. Informasi apa pun yang anda perlukan telah mereka sediakan: ada
daftar layanan lokal pemerintah dan nomor kontak telepon, brosur tentang
layanan penyewaan mobil, selebaran tentang atraksi lokal wisata, booklet
tentang wisata lokal, pengunjung lokal dan panduan budaya yang menarik.
Buku
Telepon
Buku telepon merupakan
sumber informasi yang berisi nomor telepon pribadi maupun perusahaan yang sudah
mendaftar pada perusahaan Yellow Pages
Internet
Beberapa “bahan
tertulis” di atas merupakan sumber yang berbasis internet dan internet
merupakan sumber informasi.
Dan sumber informasi
ini termasuk juga pihak-pihak yang menyediakan layanan sebagai berikut:
·
Pengusaha makanan, minuman,
perlengkapan, peralatan, operator tur, lembaga wisata
·
Asosiasi industri - badan perwakilan
industri dan / atau lembaga yang mewakili industri untuk pemerintah, media,
serikat pekerja dan lainnya yang saling bekerjasama
·
Badan pemerintah yang mengawasi
penyediaan minuman keras, game, keamanan pangan, kesehatan kerja dan
keselamatan , tembakau, hubungan industrial, operasi bisnis, situs perpajakan
·
Kesempatan khusus ini adalah salah satu
kegiatan dari pekerjaan kita, sehingga kita dapat melakukan penawaran dengan
membandingkan kesempatan-kesempatan khusus tersebut
Konferensi
dan Seminar
Bila memungkinkan Anda
harus menghadiri kegiatan konferensi dan seminar dan diupayakan untuk
menghadiri satu kegiatan konferensi atau seminar utama setidaknya setiap dua
tahun (baik nasional maupun internasional)
Konferensi dan seminar
sangat berguna karena mereka:
· bermanfaat
untuk memulai 'jaringan' sesegera mungkin kontak industri
· mendapatkan
sumber yang baik tentang ide-ide baru, produk baru dan pemikiran baru industri
perhotelan
· Sebuah
kesempatan yang baik untuk berbagi dan menguji ide-ide - dengan orang lain
dalam industry
Peluncuran
Produk
Anda yang sudah bekerja
di industri Anda berada dalam posisi yang baik untuk menghadiri banyak acara
peluncuran produk/ promosi untuk memperkenalkan satu produk baru. Dari kegiatan
tersebut Anda akan mencari tahu tentang produk mereka lebih daripada orang yang
tidak bekerja di industri.
Asosiasi
Industri
Asosiasi industri
adalah satu kumpulan industri tempat dimana kita dapat memilih untuk bergabung
sebagai anggota Asosiasi yang sudah diakui Pemerintah secara legal. Asosiasi
Asosiasi Industri
melayani sektor industri tertentu dan menyediakan bisnis /pengusaha dengan
berbagai layanan yang dapat mencakup :
·
Asosiasi industri - berarti bertindak
sebagai sebuah industri yang menyuarakan/ juru bicara dari berbagai elemen
seperti serikat kerja , media, dan pemerintah
·
Nasihat hukum - tentang masalah hubungan
industrial, kesehatan dan keselamatan kerja
·
Pelatihan - untuk staf manajemen dan
operasional
·
Standar industri atau benchmark -
anggota dapat memilih badan atau asosiasi industri dan sebagai tempat praktek
standar asosiasi
·
Penghematan biaya - bagi anggotanya
asosiasi mendapat berbagai tarif diskon untuk produk dan jasa dari pemasok industry
·
Data riset pasar - melalui usaha riset
pasar yang sedang berlangsung ke dalam isu-isu menarik bagi anggota.
Serikat
Industri
Dengan cara yang sama
asosiasi industri mewakili kepentingan pengusaha / bisnis, serikat mewakili
kepentingan karyawan / pekerja.
Kolega,
supervisor dan manajer
Mereka dapat membantu
Anda mencari tahu apa yang terjadi di tempat kerja dan dalam industri
perhotelan yang lebih luas, arah bisnis yang akan diambil ,mereka memikirkan
tentang hubungan industri dengan berbagai stakeholder, dan secara pribadi
mereka memikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam hal perkembangan karir ke
depan.
Mengembangkan
jaringan industri oleh Anda sendiri
Anda harus mulai
membentuk jaringan industri untuk membantu Anda dalam pekerjaan Anda, dan untuk
memberikan informasi tentang apa yang terjadi di industri di tempat lain Untuk
mengembangkan jaringan informasi Anda perlu menargetkan dan berbicara dengan
orang yang Anda hormati perwakilan dari pemilik, pekerja, manajer perusahaan
pada bidang industri perhotelan.
Menggunakan
layanan informasi/ fee-for -service provider
Layanan ini menyediakan
dan menganalisis informasi dari berbagai daerah industri, misalnya, fokus pada
isu-isu seperti alasan orang untuk mengunjungi negara/ daerah, sumber wisatawan
mancanegara, pola pengeluaran, lama berkunjung, atraksi dan tujuan mengunjungi
dan kisaran topik yang hampir tak terbatas.
2.
Mengelola informasi berkaitan dengan industri perhotelan
Mengelola
pengetahuan dari hotel dan perjalanan industri dalam konteks yang benar untuk
meningkatkan kualitas kinerja. Agar apa yang Anda miliki harus Anda praktikkan
dan belajar untuk penggunaannya.
Lingkup kewenangan
berhubungan dengan:
§
Kemampuan mereka untuk bertindak atas
nama tempat kerja
§
Otoritas mereka untuk mempergunakan uang
atas nama tempat kerja
§
Otoritas mereka untuk bertindak dalam
situasi tertentu - seperti ketika ada keluhan: juga seperti dalam keadaan
darurat, menerima pemesanan, membuat penawaran khusus. Ini adalah industri dan
standar persyaratan tempat kerja Anda yang dialokasikan lingkup kewenangan.
§
Secara umum adalah mungkin untuk
mengatakan kondisi kerja industri umumnya ditandai dengan:
§
Tingginya kadar interaksi dengan orang
lain - sering dikatakan perhotelan adalah 'orang bisnis': banyak pelanggan,
pengunjung, wisatawan.
§
Waktu yang lama pada kaki Anda saat
berdiri, berjalan, bekerja: ini dapat membuat pekerja sangat lelah
§
Bekerja di bawah tekanan - industri perhotelan
sangat terfokus pada waktu dan hampir selalu ada kebutuhan untuk mendapatkan
hal-hal yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu .
§
Anda perlu untuk bekerja dengan cepat di
berbagai bidang seperti menerima pesanan tamu, melayani makanan dan minuman,
memeriksa tamu, dan memeriksa permintaan mereka, memeriksa waktu pertemuan,
membersihkan kamar, melakukan tur dan bekerja sesuai tugas.
§
Bekerja ketika teman Anda tidak di tempat
kerja - industri perhotelan akan meminta Anda untuk bekerja di malam hari, pada
akhir pekan dan hari libur umum ketika teman-teman dan keluarga mungkin
memiliki waktu libur dan ingin Anda untuk menghabiskan waktu dengan mereka.
3.
Mengakses informasi tertentu untuk mengetahui perkembangan Industri Perhotelan
Untuk
meningkatkan kemampuan karyawan pada kemampuan mengakses informasi tertentu
tentang perkembangan Industri Perhotelan, perusahaan memberikan:
a. Kompensasi bagi pekerja,
diantaranya adalah:
· Pengusaha
wajib memberikan perlindungan kompensasi pekerja asuransi: ini berarti karyawan
harus diasuransikan oleh tempat kerja mereka terhadap cedera atau penyakit di
tempat kerja .
· Kompensasi
dari asuransi akan menutupi biaya pekerja yang berkaitan dengan rehabilitasi
yang terluka selama tahap pemulihan dan menyediakan penggantian upah
· Ada
juga merupakan persyaratan setiap usaha yang dilakukan oleh majikan untuk
merehabilitasi pekerja .
· Pekerja
diminta untuk bekerja sama dengan dokter atau tenaga medis untuk memfasilitasi
mereka kembali ke dunia kerja: ini mungkin termasuk menghadiri sesi yang
dirancang untuk merehabilitasi mereka, atau bekerja dalam tugas-tugas yang
berbeda di tempat kerja mereka
b. Pelatihan
Pelatihan
dapat terjadi di tempat kerja atau di luar tempat kerja, menggunakan pelatih
dari dalam/ in-house atau pelatih eksternal. Partisipasi dalam pelatihan dapat
meningkatkan kondisi kerja Anda.
· Pelatihan
industri umumnya diperlukan untuk mendapatkan lisensi/ sertifikat yang berkaitan
dengan layanan minuman keras, makanan yang aman dan penanganan game serta
prosedur persiapan dan layanan seperti prosedur darurat, evakuasi, makanan dan
minuman.
· Kurangnya
perhatian terhadap pelatihan sering mengarah ke tingkat berkurang kompetensi
yang memiliki dampak buruk pada kerja Anda yang sedang berlangsung, dan/ atau
makhluk dialokasikan jam tambahan promosi
c. Keterampilan dan pengetahuan
Bagi
orang-orang yang bekerja di industri ini, pengusaha dan pelanggan mengharapkan
staf memiliki atau mengembangkan:
§ Keterampilan
sosial - ini berhubungan dengan cara seseorang mencerminkan sifat mereka
sendiri, kepribadian dan sikap kepada orang lain, dan cara mereka berinteraksi
dengan orang lain
§ Keterampilan
teknis - ini adalah 'hands-on' keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan
tugas-tugas dan kerja
§ Pengetahuan
produk - ini adalah pengetahuan penting tentang tempat kerja, dimana karyawan
mendapatkan pengetahuan dan karya tentang produk, layanan dan fasilitas tempat
menawarkan untuk penggunaan/ penjualan
§ Sikap
yang benar - sering dikatakan sebagai 'hal kecil yang membuat perbedaan besar'
4. Menggunakan informasi tentang
industri perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugasnya
Menggunakan
informasi tentang industri perhotelan yang berkaitan dengan bidang tugas anda
akan membantu kinerja agar menghasilkan kerja yang lebih efektif.
Cara mendapatkan informasi
Dalam
prakteknya para Front Office Attendant, Housekeeping Attendant, Chef, Security,
Sales and Marketing, Maintenance and Repair, para Supervisor dan Manager sebuah
Hotel untuk mendapatkan informasi, dapat berarti :
Berlangganan dan membaca majalah
industri dan newsletter
§ Memilih
dan membaca surat kabar lokal dan kota - terutama bagian yang membawa artikel /
fitur acara di perhotelan dan pariwisata
§ Mendapatkan
daftar e-mail Internet dan menerima newsletter dan update dari instansi
pemerintah industri yang relevan, pemasok dan /atau layanan dukungan
§ Bergabung
dengan serikat lokal atau asosiasi industri untuk menerima isu-isu yang paling
utama dalam pikiran mereka
§ Membaca
buku pada sektor industri tempat Anda bekerja - Anda harus membaca secara luas
dan mencakup biografi orang-orang industri, teks manajemen, bahan referensi
praktis dan literatur umum pada topik industri yang beragam
§ Keluar
untuk melihat apa yang terjadi, apa yang orang lakukan, apa yang dilakukan
pesaing, dan apa yang orang lakukan dan katakan.
Profit dan non-profit bisnis
Industri
perhotelan dapat dibagi menjadi dua kategori umum - komersial dan nonkomersial.
Perusahaan komersial beroperasi untuk keuntungan.
Ini termasuk hotel, motel, pusat konvensi dan restoran: klub berlisensi
berusaha untuk beroperasi pada keuntungan tetapi keuntungan mereka harus
kembali ke klub untuk kepentingan anggota dan dianggap sebagai 'bukan untuk
keuntungan' meskipun mereka berusaha untuk perdagangan pada keuntungan.
Pendirian non-komersial tidak berusaha untuk
mendapatkan keuntungan, beberapa bahkan bertindak dalam kapasitas amal atau
dalam memenuhi kebutuhan masyarakat: ini dapat mencakup beberapa rumah sakit
dan kantin yang beroperasi di beberapa tempat kerja dan disubsidi oleh
perusahaan atau beberapa sumber pendanaan lainnya .
Jenis
bisnis yang berbeda dalam definisi yang luas dari industri perhotelan?
§Restoran
§Kafe
§Hotel
§Outlet
Makanan Cepat Saji
§Kantin
§Kasino
§Pusat
Konvensi
§Klub
Berlisens
Restoran
Restoran adalah tempat memproduksi
makanan dan yang menyediakan pelayanan makanan untuk konsumsi di tempat
Kafe
Sebuah kafe dapat melayani sarapan,
makan siang, makan malam dan sering diantaranya disediakan kopi dan kue atau
makanan ringan lainnya.
Hotel
Hotel adalah penginapan yang disediakan
bagi tamu yang sedang melakukan perjalanan dari tempat tinggal mereka untuk
kegiatan bisnis, bekerja atau berlibur. Jangkauan Hotel sangat luas, Hotel
lokal atau internasional dari bintang satu, bintang lima atau bintang lima Plus
(Diamond), yang menampilkan berbagai standar tertentu, menyediakan macam
fasilitas termasuk, misalnya 24 jam layanan Room Service.
Outlet makanan cepat saji
Gerai makanan cepat saji, meliputi merek
internasional seperti: KFC, McDonald, atau Pizza Hut. Banyak makanan cepat saji
adalah pra - siap dan terus siap untuk dijual segera dengan penekanan pada
kecepatan: makanan lain 'dimasak setelah dipesan' .
Kantin
Kantin biasanya beroperasi dalam
lingkungan tempat kerja seperti tambang atau bangunan, pabrik atau beberapa
lokasi kerja lainnya, menyediakan makanan dan minuman untuk para pekerja.
Makanan dapat mencakup makanan ringan, makanan lengkap dan berbagai jenis
permen dan es krim. Minuman bisa teh dan kopi serta berbagai minuman dingin
termasuk minuman kaleng /botol minuman ringan
Kasino
Kasino biasanya memiliki beberapa jumlah
departemen, seperti hotel bintang lima, namun perbedaan utama adalah mereka
memiliki departemen game besar mempekerjakan staf dengan keterampilan khusus.
Semua karyawan ini harus berlisensi khusus untuk menjalankan tugasnya - untuk
bekerja di kasino, dan staf tanpa izin adalah ilegal.
Gedung Pertemuan Serba Guna
(Ballroom)
Gedung Pertemuan Serba Guna dapat
menawarkan berbagai layanan, meskipun ukuran luas gedungnya bervariasi sesuai
dengan ukuran dan kapasitas yang tersedia. Beberapa gedung pertemuan dapat
memenuhi 3.500 tamu dalam satu hari, memiliki dapur dengan chef yang mengolah
menu utama dengan metode masak panas /dingin, dan staf sebagian besar untuk
menyiapkan hidangan panas dan beberapa memiliki bakery sendiri.
Klub Berlisensi
Klub dapat memiliki sejumlah departemen
termasuk restoran, bar, toko menjual minuman beralkohol, berfungsi sebagai
temapt hiburan, olahraga dan rekreasi, kantor depan, keamanan, game dan
akomodasi. Klub menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan anggota dan tamu
mereka .
Klub malam
Klub malam adalah tempat populer di Hotel.
Ada berbagai bidang pekerjaan di klub malam - bar, restoran, receptionist,
keamanan dan hiburan
Resorts
Resorts dapat menawarkan berbagai
layanan termasuk makanan dan minuman, akomodasi, konferensi, klub malam,
kegiatan olahraga, hiburan dan kegiatan rekreasi.
Bidang lain di industri perhotelan
Bidang pekerjaan lain di industri
perhotelan meliputi:
·
Rumah sakit - dan keperawatan dan rumah
pensiun
·
Penyedia akomodasi - seperti rumah tamu,
Bed & Breakfast, akomodasi backpacker
·
Fasilitas olahraga / tempat - tempat
disajikan makanan dan minuman
·
Besar dan kecil perusahaan katering -
yang menyediakan off-site katering dan jasa catering subkontrak ke bisnis lain
·
Apartemen eksekutif - di mana disediakan
layanan rumah tangga dan pembersihan
·
Pasukan Pertahanan - menampilkan
berbagai layanan: memasak, rumah tangga, laundry, pelayanan makanan dan minuman
·
Taman karavan - dengan makanan yang
terbatas, toko-toko ritel, layanan pembersihan
·
Airlines, kereta api, depot bus dan
kapal pesiar - dengan berbagai tingkat makanan dan minuman, rumah tangga /
layanan kabin
sekian, terimakasih.
Komentar
Posting Komentar
Perhatian, kami sangat menghargai setiap komentar anda, namun untuk kebaikan bersama tetaplah menulis komentar yang baik.