DEPARTEMEN HOTEL

 

Departemen pada Perhotelan

Setiap departemen dalam perhotelan secara keseluruhan berperan unik dalam menjalankan bisnis, dan dalam banyak kasus peran ini akan diintegrasikan dengan departemen lainnya untuk memberikan 'layanan yang baik' kepada pelanggan/ tamu .

Departemen tersebut adalah:

Departemen Makanan dan Minuman (Departemen Food and Beverage)

Tugas Layanan Makanan dan Minuman antara lain adalah:

·         Melayani minuman di bar

·         Melayani makanan dan minuman di restoran

·         Mempersiapkan dan menyediakan makanan

·         Pengorganisasian dan pelayanan perjamuan, fungsi , dan konferensi

·         Memberikan layanan kama

·         r § Memberikan pelayanan mini-bar

·         Menghitung rekening dan pengambilalihan harian

·         Pembelian dan mendistribusikan saham untuk berbagai departemen

·         Melakukan tugas harian gudang

·         Membuat penjualan ritel di toko botol

Kitchen/ Catering Department

Tugas pokok meliputi :

·         Memesan bahan makanan dari pemasok/ supplier bahan makanan

·         Menyimpan makanan sesuai dengan kebutuhan individu - menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang kering, pendinginan atau freezer

·         Menyiapkan makanan - siap untuk dimasak atau untuk diolah lebih lanjut

·         Memasak makanan - sesuai dengan persyaratan dari item menu individu

·         Menata makanan pada piring hidang - menempatkan makanan ke piring sesuai standar, dan dalam jumlah yang dibutuhkan. Front Office Front Office adalah Departemen yang membawahi

Front Office

Front Office adalah Departemen yang membawahi seksi-seksi Reception, Reservation, Concierge/ Porter. Tugas Front Office antara lain adalah:

  • ·      Mengambil pemesanan tamu - memproses permintaan untuk pemesanan melalui datang langsung/ tatap muka, telepon, email, faks dan /atau dari agen, perubahan pengelolaan untuk pemesanan dan pembatalan
  • ·      Memeriksa tamu masuk dan keluar - menyambut tamu/ wellcoming guest pada saat kedatangan; mengucapkan selamat jalan/ farewelling dan menghitung pembayaran/ account pada saat tamu check out/ keberangkatan tamu
  • ·     Layanan portering: Mengorganisir - untuk mengatur bagasi tamu untuk dibawa ke kamar (tamu check in) atau membawa turun dari kamar (tamu check out) dan jika perlu disimpan
  • ·    Melakukan fungsi concierge: Memberikan informasi kepada tamu tentang produk internal dan eksternal serta pilihan layanan yang disediakan hote
  • ·   Pengolahan korespondensi dan pesan - menerima pesan untuk disampaikan kepada tamu dan secara pribadi mendistribusikan surat, faks, email, bunga, tiket
  • ·    Mempersiapkan rekening tamu - untuk memastikan semua item yang dikenakan biaya dengan harga yang benar, dan memastikan setiap deposit dikurangkan

Housekeeping

Housekeeping merupakan bagian dari Divisi Kamar, tugasnya antara lain adalah:

  • ·       Pelayanan akomodasi kamar, pembersihan lorong, kantor, tempat umum, toilet dan apa saja yang dianggap tepat - termasuk kamar membersihkan tamu dan lainnya daerah, dan pengisian perlengkapan lain yang diperlukan tamu di kamar
  • ·     Mengelola departemen laundry dan dry-cleaning untuk tamu - pengambilan item pencucian dry cleaning untuk tamu dan kembali ke binatu untuk linen hotel: seprai, sarung bantal, handuk, dan seragam
  • ·         Tugas runner/ portering – wajib mengambil pakaian kotor; mengambil item ke dan dari kamar

Penjualan dan Pemasaran (Sales and Marketing)

Tugas Penjualan dan Pemasaran, antara lain adalah:

  • ·  Melakukan iklan dalam pilihan media yang digunakan - menciptakan, menempatkan dan pemantauan efektivitas pemakaian iklan
  • ·        Membuat brosur dan pamflet - mendorong orang untuk mengunjungi dan membeli
  • ·        Menyediakan tatap muka canvassing prospek - bertujuan mengubah 'prospek' untuk 'Pembeli '
  • ·   Menciptakan dan menjalankan kegiatan promosi penjualan - untuk menghasilkan keuntungan dalam penjualan

Bagian Rekening dan Keuangan (Accounts and Finance)

Tugas bagian Rekening dan Keuangan, antara lain adalah:

  • ·         Pemantauan pendapatan dan belanja - dari masing-masing departemen dan seluruh tempat kerja
  • ·    Membayar semua tagihan dari pemasok - tepat waktu, memastikan semua diskon yang tepat, deposito, kredit dan pengembalian uang telah diperhitungkan
  • ·     Administrasi penggajian untuk semua karyawan - untuk memastikan mereka dibayar dengan benar dan tepat waktu
  • ·   Mempersiapkan perpajakan dan laporan administrasi lainnya - untuk memenuhi persyaratan hukum dan protokol internal

Human Resources

Tugas HR antara lain adalah:

  • ·       Mengidentifikasi kebutuhan masa depan staf - untuk semua tempat kerja dan departemen (back-off house dan front-off house)
  • ·         Merekrut staf - internal dan melalui identifikasi sumber eksternal untuk mengisi kebutuhan
  • ·      Memilih staf - termasuk kegiatan yang berhubungan dengan daftar wawancara, dan memeriksa referensi
  • ·   Menyediakan induksi dan orientasi bagi staf baru - untuk menyambut mereka dan memperkenalkan mereka ke tempat kerja baru mereka
  • ·         Pelatihan staf - untuk memungkinkan pencapaian standar dan yang tidak memenuhi persyaratan kepatuhan dikenakan hokum
  • ·       Mempertahankan semua catatan staf - untuk membantu promosi, pembayaran, dan disiplin latihan
  • ·         Staf konseling - untuk membantu staf mencapai standar tujuan kerja

Gaming

Tugas game biasanya ketat diatur oleh hukum (membutuhkan spesialis sertifikasi /lisensi untuk semua staf) dan berhubungan dengan:

  • ·  Memberikan layanan dinominasikan untuk mesin game - seperti membersihkan koin dan kemacetan lainnya, re – filling hopper, membayar kemenangan
  • ·     Pemantauan perilaku pelindung - dan menjadi waspada terhadap orang yang mencurigakan dan kegiatan illegal
  • ·        Berurusan - dan / atau mengawasi di meja permainan
  • ·        Mengawasi lubang - untuk mencegah penipuan dan kecurangan
  • ·       Tugas cashiering - membuat pembayaran kepada pelanggan dan uang pertukaran untuk pelanggan

Entertainment

Tugas mungkin termasuk:

  • ·         Menjual tiket untuk kabaret / konser
  • ·         Mempromosikan band yang akan datang, peristiwa dan tindakan
  • ·         Mengelola disko /klub malam .

Leisure

Kegiatan yang berkaitan dengan departemen Leisure antara lain adalah:

  • ·    Mengembangkan kegiatan rekreasi dan bersantai – diidentifikasi untuk memenuhi kebutuhan   pelanggan, dan / atau untuk menarik pelanggan
  • ·         Mengkoordinasikan kegiatan olahraga - di resort dan klub
  • ·         Melakukan pelatihan kebugaran – untuk tamu yang tinggal di guest house
  • ·         Menyediakan kesehatan dan terapi layanan – seperti layanan spa, kecantikan dan kesejahteraan

Pemeliharaan (Maintenance)

Tugas pemeliharaan dapat mencakup :

  • ·      Mengelola kebutuhan pipa, listrik dan pertukangan - termasuk perbaikan usaha untuk item yang rusak dan pemeliharaan
  • ·        Menjaga pemeliharaan fasilitas hotel antara lain lukisan, dekorasi dan perbaikan

Keamanan (Security)

Tugas-tugas keamanan antara lain adalah:

  • ·       Menjaga dan mengangkut uang - dalam hotel, misalnya dari bar ke kantor dan eksternal dari hotel ke bank
  • ·       Menyediakan keamanan untuk tamu - sebagai layanan umum dan menanggapi kebutuhan khusus tamu

Demikianlah departemen – departemen yang terdapat pada suatu hotel.

 

 

sekian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata Perlengkapan dan Trolley (room attendant trolley)

MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION