MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
(PROVIDE
ACCOMMODATION RECEPTION SERVICE)
PERSIAPAN
KEDATANGAN TAMU
(ARRIVING GUEST
PREPARATION)
Kompetensi dasar Base competence |
Materi
pembelajaran Material of learning |
1. Persiapan kedatangan
tamu. 1. Arriving guest preparation 2. Penyambutan dan pendaftaran
tamu 2.
Greeting and
registering guest 3. Mengorganisir keberangkatan tamu 3.
Departuring guest organization 4. Persiapan catatan dan
laporan-laporan kantor
depan. 4. Front office records
and reports
preparation |
-
Pengertian reception -
Tugas dan tanggung jawab -
Peralatan dan formulir yang digunakan -
Persiapan kedatangan tamu -
Definition
of reception -
Duties
and responsibilities -
Equipments
and forms -
Arriving
guest preparation -
Penyambutan kedatangan tamu -
Prosedur
pendaftaran tamu (individual dengan pemesanan dan tidak, VIP dan rombongan) -
Memproses deposit -
Greeting
the arriving guest -
Registration
procedures for guest (walk-in guest, reservation guest, VIP and group) -
Processing
deposit -
Jenis-jenis chek-out -
Persiapan keberangkatan tamu -
Prosedur
keberangkatan tamu, individual dan rombongan -
Memproses pembayaran -
Types
of check-out -
Guest
departure preparation -
Guest
departure procedure for individual and group -
Express
and late check-out procedure -
Processing
payment -
Macam-macam catatan -
Macam-macam laporan -
Distribusi
catatan dan laporan kantor depan -
Prosedur pemindahan kamar -
Prosedur tamu tidak datang -
Prosedur pemberangkatan awal -
Prosedur tamu tinggal lebih lama -
Log book -
Types
of front office records -
Types
of front office reports -
Distribution
list for front office records and reports -
Room
change procedure -
No-shows
procedure -
Early
departure procedure -
Extended
stays procedure -
The
front office log book |
I. ARRIVING GUEST PREPARATION
► Definisi
dari Bagian Penerimaan Tamu
Definition of reception
Adalah tempat terjadinya proses
penerimaan tamu, penentuan/pemberian kamar, baik untuk tamu yang telah memesan
kamar lebih dulu ataupun tidak. Petugas di bagian ini disebut receptionist,
room clerk atau registration clerk
The place to process acceptance of guest, determination / giving
of room, to reservation guest or walk-in guest. Officer of reception is
receptionist, room clerk or registration
clerk.
► Tugas dan Tanggung Jawab
Duties and Responsibilities
1. Mendaftar
tamu dan menentukan kamar, mengakomodasi permintaan khusus tamu
Register
guests and assign rooms, accommodate special requests whenever possible
2.
Membantu
bagian reservasi dalam pra-pendaftaran dan mem-blok kamar
Assist in pre
registration and blocking of room for reservation
3.
Memahami
kebijakan dan prosedur secara menyeluruh tentang penanganan
kredit yang sesuai dan memeriksa serta menangani pembayaran tunai
Thoroughly
understand policies and procedures to proper credit, check and cash handling
4.
Memahami
status kamar dan tahap perubahannya, dan mengkoordinir pembaharuan status kamar
dengan bagian kerumah-tanggaan (HK)
Understand room status
and room status tracking, and coordinate room status updates with the
housekeeping
5.
Mengetahui
lokasi/penempatan kamar, jenis kamar yang tersedia dan tarif kamar
Know
room locations, types of rooms available and room rates
6.
Menggunakan
teknik penjualan sugestif untuk menjual kamar dan mempromosikan produk jasa yang lain dari
hotel
Use suggestive selling
techniques to sell rooms and to promote other services of the hotel
7.
Mengetahui
bagaimana cara menggunakan peralatan front-office
Know
how to use front office equipment
8. Memproses
tamu keluar dari hotel (check-out)
Process guest check-out
9. Mengikuti
prosedur untuk mengeluarkan dan menutup kotak deposit yang digunakan tamu
Follow
procedures for issuing and closing safe deposit boxes used by guests
10.
Menggunakan
etika bertelepon yang benar dan menangani
surat, paket dan pesan sesuai prosedur.
Use proper telephone
etiquette, mail, package and message handling procedures
11.
Membaca
dan mem-paraf log book dan papan bulletin harian
Read
and sign on log book and bulletin board daily
12. Menghadiri
rapat yang diadakan departemen
Attend department
meeting
13.
Mengetahui
seluruh prosedur keamanan dan keselamatan
Know
all safety and emergency procedures
14.
Memelihara
kebersihan dan kerapihan areal kantor depan
Keep
the cleanliness and tidiness of the front desk area
► Peralatan dan Formulir
Equipments and Forms
1. Peralatan
yang digunakan di hotel yang menggunakan sistim operasional semi otomatis dan
otomatis
Equipments for hotels use automatics or semi automatics
operational systems
|
Example of Blocking slip :
Example of room rack
slip
1220 05/11/2008 |
Smith Mr/Mrs. James (1/1) USA Kingstone Apt, 1423 New York, USA
Reg no. 0832/walk in/ Dn
|
07/11/2008 US$ 100++ incl Bbf PA |
- Rak status kamar
Room rack slip/guest slip
Rak ini disusun
berdasarkan nomor kamar tamu, berguna untuk mengetahui status kamar setiap
saat, untuk mengetahuinya dapat dilihat pada kode warna yang digunakan, seperti
warna merah untuk status kamar dihuni, kuning untuk status kamar kosong dan
belum dibersihkan, warna bening untuk kamar yang siap dijual. Status kamar yang sudah dipesan ditandai
dengan memberi blocking slip sedangkan status kamar lain seperti sleep-out, out
of order ditandai dengan memberi kertas kecil yang berisi keterangan status
tersebut. Data tamu yang menginap dapat
dilihat dengan cara meletakkan slip rak kamar (room rack slip) pada nomor
kamarnya. Room rack slip yang sudah
dibuat akan didistribusikan ke bagian / outlet lain, yaitu : telephone operator, room service, house
keeping dan informasi. Contoh blocking slip dan room rack slip adalah sbb :
This rack is compiled pursuant to room number, good for knowing room status every moment seen at used colour code, like red for the room status of occupied, yellow for the room status of vacant dirty, and transparent for room made ready to be sold. The rooms have been reserved be sign with Blocking slip and put as according to his room number. Room status is reserved, signed with blocking slip, other room status like, out sleep, order of out, etc, marked by giving containing small paper of status description. Guest data lodging to be written in Room rack slip and put as according to his room number. Room rack slip have been made will be distributed to shares / other outlet, that is : operator telephone, service room, housekeeping, and information.
a.
Rak kunci dan surat/pesan
Key and mail rack
Rak yang
digunakan untuk menyimpan kunci kamar dan pesan untuk tamu, rak ini diusun
berdasarkan nomor kamar.
Rack used to keep room key and message of the guest, this rack
is compiled pursuant to room number
b.
Kotak kunci
Key drop box
Kotak yang
terletak di front desk counter yang berguna untuk menyimpan kunci kamar tamu
yang dititipkan ke hotel
Box is located in front desk counter which good to keep room key
of guest
c.
Hotel sistim komputer
Hotel computer system
Jenis-jenis
sistim komputer yang digunakan di hotel adalah
:
-
Fidelio-micros
-
Reata
-
Mayoh
-
Galaxi
- HIS (Hotel Information System)
Kinds of Computer systems are used in hotels, that is :
- Fidelio-micros
- Reata
- Mayoh
- Galaxi
- HIS (Hotel Information System)
d.
EDC (Electronic Data Capturing)
Alat ini
digunakan untuk memproses pembayaran apabila tamu menggunakan kartu kredit,
untuk mengetahui apakah kartu kredit yang digunakan tamu dapat diterima sebagai
pembayaran atau tidak, jika dapat diterima akan terlihat nomer persetujuan
(approval number) pada slip kartu kredit, namun jika tidak disetujui akan terlihat
kata DO NOT HONOUR atau DECLINE atau EXPIRED CARD.
Is used to process
payment of guest using card credit, this appliance will know do guest card
credit can be accepted as payment or
not. If can be accepted will seen number approval in slip card credit, but if
will not seen DO NOT HONOUR or DECLINE or
EXPIRED CARD.
e.
Credit Card Imprinter
Alat ini
digunakan untuk mencetak data yang tertera di kartu kredit, seperti nama
pemegang kartu, nomer kartu dan masa berlakunya. Saat ini, alat ini sudah jarang digunakan,
karena sudah digunakan EDC mesin, tapi alat ini berguna jika jalur/line yang
digunakan EDC mesin sedang mengalami gangguan. Cara menggunakan alat ini adalah
dengan meletakkan kartu kredit pada imprinter, kemudian menggesek ke kanan dan
ke kiri, jika sudah tercetak, lalu menghubungi Bank untuk meminta nomer
persetujuan atas dana yang dibutuhkan oleh pihak hotel.
This appliance is used
to print data in credit card, like : name of owner of card, card number, and a
period of applying. In this time the appliance only used if line of EDC machine
is trouble. Way use this appliance is put down credit card on imprinter, then
fiddle to right and to left, if have been printed, then contact Bank to ask
approval number of fund required by hotel.
f.
Money tester
Money tester
Berguna untuk
melihat apakah uang yang digunakan tamu adalah uang asli
Is used to check authenticity of money is used by the guest
g.
Key encoder machine
Alat ini
digunakan hotel yang sudah menggunakan kunci kartu, berfungsi untuk memprogram
kunci tersebut. Informasi yang diprogram adalah : tanggal
kedatangan dan keberangkatan, jam keberangkatan dan nomor kamar.
This appliance is used
by hotel have used keycard, functioning
for program of the keycard. Information
is program is : arrival and departure date, room number and time of
departure.
h.
Rak Bukti Tagihan Tamu
Bill rack
Rak untuk
menyimpan bukti tagihan tamu beserta dokumen pendukungnya, rak ini disusun
berdasar nomor kamar tamu.
Rack to keep guest invoice and also supporter document, rack
compiled pursuant to number of room.
- Formulir-formulir
( Forms )
a.
Kartu Pendaftaran
Registration card
Kartu
ini digunakan tamu saat mendaftar, data yang terdapat di dalamnya adalah data
tamu yang menginap di hotel, seperti :
nama tamu, tanggal kedatangan dan keberangkatan, nomor kamar, alamat rumah,
tempat tanggal lahir, harga kamar, nomor kartu identitas, cara pembayaran,
persyaratan dan kondisi hotel serta tanda tangan tamu, sebagai tanda
persetujuan tentang ketentuan yang berlaku di hotel, seperti : batas waktu
check-out, hotel tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan barang berharga di
kamar, serta hotel berhak untuk meminta tambahan deposit jika jaminan
pembayaran yang ada sudah terbatas.
This card is used by the guest at registration, loading
data/information of hotels guest, like : guest name, arrival and departure
date, room number, home address, place and date of birth, room rate, identity
card number, way of payment, hotel condition and clauses, guest signature, as
permission sign concerning rule applying in hotel, like : deadline of check
out, irresponsible hotel to high-value goods loss in guestroom, and hotel is
entitled to ask addition of deposit if existing payment guarantee have limited
Guest Card
Kartu ini
berfungsi sebagai kartu identitas tamu menginap di hotel, yang digunakan untuk
mengambil kunci yang dititipkan, tanda pengenal apabila transaksi yang
dilakukan ingin diposting ke kamar
This Card function as
guest identity card stay in hotel, can be used to take entrusted key, and as
badge if the guest want to post transaction
to room
GUEST
CARD
|
||||
|
PERLIHATKAN KARTU INI SETIAP KALI ANDA MENGAMBIL KUNCI ATAU
MENANDATANGANI BON RESTORAN DAN BAR |
|
||
|
|
|
||
|
PLEASE PRESENT THIS CARD TO OBTAIN
OUR ROOM KEY, OR TO SIGN THE RESTAURANT AND BAR BILLS |
|
||
|
|
|
||
|
Kamar
/ room |
Nama / name
|
Kedatangan
/ ceck-in |
|
|
Tarif
/ rate |
Tanda
tangan / signature
|
Berangkat
/ departure |
|
|
b.
Kupon
makan
Meal Coupon
Kupon yang digunakan untuk
menikmati makanan yang tertera di dalamnya, seperti makan pagi, siang atau
malam
Card / coupon used to enjoy provided food hotel, like breakfast,
lunch, or dinner.
MEAL COUPON
|
|||||
Breakfast |
|
|
|||
|
|||||
Lunch |
|
|
|||
|
|||||
Diner |
|
|
|||
|
|||||
At |
|
|
|||
|
|||||
Guest name |
|
|
|||
|
|||||
Room number |
|
|
|||
Not valid
for room service Valid for
one person/ not refundable Buffet
breakfast from 6.00 AM to 10.00 AM
|
|||||
Reception |
|||||
|
|||||
|
|
|
|||
|
|||||
c. Kartu Minuman Selamat Datang
Welcome Drink Card
Digunakan untuk menikmati minuman
selamat datang di hari kedatangan
used to enjoy beverage welcome in arrival day
WELCOME DRINK CARD
Please enjoy one of our refreshing “COCKTAIL OF THE MONTH” or enjoy a DRAUGHT BEER or SOFT DRINK
Please
present this card to our staff Upon
ordering at Lobby bar restaurant
Name : Room
no. : Date :
This card is only valid during your current stay at the Adenium
edotel
|
d.
Kwitansi
pembayaran
Cash / official receipt
Tanda terima yang diberikan
kepada tamu apabila tamu memberikan deposit berupa uang tunai.
receipt passed to guest if giving deposit of cash
No. OFFICIAL RECEIPT
|
|||
Receipt from |
|
|
|
Sudah terima dari
|
|
|
|
Amount Rp / US$ |
|
|
|
Jumlah Rp / US$
|
|
|
|
Payment for |
|
|
|
Untuk pembayaran
|
|
|
|
Rp / US $
|
|
|
|
Check No. |
|
|
|
No check
|
|
|
|
Received by |
|
|
|
Diterima oleh
|
|
|
|
Date |
|
|
|
Tanggal
|
|
|
|
e.
Rekening
tagihan tamu
Guest Bill
Rekening
tagihan yang berisi transaksi yang digunakan tamu
Bill contain transaction
is used by guest
Name / Nama ----------------------------------------------------
Address / alamat ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ |
Room rate / harga kamar
--------------------------- Arrive date / tgl kedatangan --------------------------- Departure date / tgl keberangkatan --------------------------- Folio number / nomor folio ---------------------------- Room number / nomor kamar ---------------------------- |
|||||
Transaction
date/ tgl transaksi |
Transaction code
/ kode transaksi |
Description Keterangan |
Charges Beban |
Credit Kredit |
Balance Saldo |
|
|
|
Balance Due / Ttotal |
|
|
|
|
Remaks / Keterangan : Signature / Ttd ----------------------------------------------- -----------------------------------------------
------------------------
|
||||||
f.
Formulir
pengembalian deposit
Refund deposit form
Formulir yang digunakan untuk
mencatat sejumlah uang tunai milik tamu karena deposit yang diberikan melebihi
dari jumlah tagihannya.
form used to note a
number of guest cash because deposit which isn't it exceed the amount of the
bills of
g. Formulir lain-lain
Miscellaneous form
Formulir yang digunakan untuk
mencatat transaksi yang dilakukan tamu yang tidak ada dalam departemen, seperti
transaksi atas kerusakan yang dilakukan tamu
used to note done by transaction is guest which there no in
department, like done by damage transaction is guest
h.
Formulir
perbaikan
Correction form
Formulir yang digunakan apabila
terjadi perbaikan atas transaksi yang
terjadi pada hari yang sama.
used when happened repair of transaction that happened today
i.
Formulir
pengurangan
Rebate form
Formulir yang digunakan untuk
mencatat pengurangan transaksi yang telah dilakukan oleh tamu pada hari
sebelumnya.
This form will note reduction of transaction which have been
done by guest in day before all
j.
Kartu
Riwayat Tamu
Guest History Card
Kartu yang berisi tentang profil
atau riwayat kunjungan tamu ke hotel
Card containing guest
profile or guest visit history to hotel
► Persiapan Kedatangan Tamu
Arriving Guest Preparation
Untuk menunjang kelancaran dan efisiensi pelayanan,
diperlukan persiapan-persiapan, meliputi
:
A. Tamu
Perorangan ( F I T )
Individual Guest (Free Individual Tour)
1.
Persiapan diri
Personal preparation
Penampilan dan pelayanan
yang baik, meliputi cara berdandan, cara berpakaian,
Appearance and good service, covering way dress up, dressy way,
style speak and behaviour as a whole have to have by front office staff. They
is claimed to measure up to as
a. Memiliki kebiasaan rapi dan bersih dalam
penampilan di tempat tugas dengan
kriteria sebagai berikut :
Owning clean and natty habit in appearance in place duty with
criterion as
-
Pakaian seragam bersih dan rapi
natty and Clean uniforms
-
Rambut
disisir rapi, pria
berambut pendek, dan
bagi wanita yang berambut panjang menggunakan ikat rambut
berwarna hitam
Hair combed natty, hair of man is short, and for long haired
woman use to fasten black chromatic hair
-
Kuku selalu bersih dan pendek
Nail always clean and short
-
Telinga
tidak boleh bertindik lebih dari satu bagi wanita, bagi pria tidak bertindik
Ear is not made holes more than one for woman, for man do
not
-
Aroma parfum lembut
soft Perfume Aroma
-
Perhiasan tidak berlebihan
jewelry not abundant
-
Sepatu
hitam dan bersih, kaos kaki tidak beraroma / berbau
Shoe is clean and Black, sock is not smelling.
- Percaya
diri
Self confidence
- Kemampuan
berkomunikasi
Ability communicate
- Memecahkan
masalah secara psikhologi
Solving problem by psikhologi
- Diplomasi
Diplomacy
- Ketenangan
Calmness
g Kemampuan dalam mengingat nama dan wajah
tamu
Ability of remember of name and face of
guest
h
Menerapkan tata cara dan etika dengan tepat
Apply ethics and procedures precisely
a. Kesegaran jasmani
Apply ethics and procedures precisely
j . Mampu
membuat keputusan dengan tepat dan cepat
Can make decision correctly and quickly
k. Disiplin dalam pelaksanaan
Discipline in execution.
2.
Membaca Log book
Reading Log book
Log book adalah
semacam buku catatan penghubung penting dari shift yang satu ke yang lain
tentang tamu pindah kamar, tamu tanpa barang barang bawaan, persiapan yang
belum selesai dan memerlukan tindak lanjut dari kedatangan tamu VIP atau
rombongan, dsb. Bentuk format log book
disesuaikan dengan keperluannya.
Log book is a kind of important link book between of shift is
one to other about guest move room, guest without luggage, unfinished
preparation and need follow-up of arrival of VIP or group, etc. Format form of
Log book answered the purpose it.
3.
Memeriksa daftar pemesanan kamar
Checking list of room reservation
Petugas
recepsionis harus membaca dan meneliti informasi pemesanan kamar dari tamu-tamu
yang akan tiba hari ini dengan membaca pada
Expected arrival list dan reservation slip untuk memperoleh gambaran
tentang tamu-tamu yang akan datang serta dapat
:
Receptionist must read and check information ordering of room of
arrival guests today, read Expected
arrival list and reservation slip to get the image of concerning guests will
come and also can
-
Menentukan kamar ( room blocking ) sesuai dengan
permintaan yang telah disetujui bila hal ini belum dilaksanakan
Determine room ( room blocking ) as according to request which
have agreed if this matter is uncommitted
-
Mempersiapkan kamar sesuai waktu kedatangan
-
Prepare room according
to arrival time
-
Mengambil
kartu pendaftaran yang
lama dari arsip ( untuk tamu yang sudah
pernah menginap)
untuk digabung dengan
registration card yang baru pada
saat tamu yang bersangkutan tiba.
-
Taking old registration
card from archives ( for guest which
have lodged) to be joined with new
registration card at the guest arrive.
4.
Memeriksa dan menjaga agar Room rack tetap akurat.
Checking and taking care of Room rack remain to accurate
Room rack merupakan salah satu alat kelengkapan
penerimaan tamu yang penting Dengan
bantuan alat ini petugas akan dengan mudah mengetahui status tiap-tiap kamar
dan mendapat informasi lain yang diperlukan seperti : lokasi kamar, nomor kamar, dan harga kamar.
Rack Room is one of the appliance equipment of guest acceptance
is important Constructively this
appliance, the officer will easily know status every room and get other
information which needed like : room location, room number, and room price. Way
of operation of Room rack :
-
Roomrack slip dibuat setelah tamu check-in, lembar
pertama diselipkan pada room rack sebagai tanda bahwa kamar tersebut dihuni.
Room rack slip made after
guest check in, first sheet sandwiched at rack room as sign that the room
occupied
-
Pada saat tamu check-out dan menyelesaikan pembayaran
rekeningnya, registration card tamu akan dikembalikan ke reception oleh kasir,
kemudian room rack slip akan dicabut dari room rack sebagai tanda kamar itu
kosong.
At time the guest check out and settle the payment his account,
registration card of guest will be returned to reception by cashier, then room
rack slip will be abstracted from rack room as that room sign is empty.
-
Bila kamar tidak dapat dijual, diselipkan O.O.slip
dengan mencantumkan kerusakkannya dan tanggal awal kerusakkannya serta tanggal
perkiraan akan berakhirnya kerusakkan, sebagai tanda kamar dalam keadaan rusak
dan tidak dapat dijual.
If room cannot be sold, to be sandwiched O.O.Slip mentioned damage it and date of
early damage and also the date of estimate will end damage it, as room sign is
destroying and cannot be sold
-
Jika tamu memberitahukan akan sleep out dengan
meninggalkan barang-barang bawaan di kamar, maka reception menyisipkan diatas
room rack slip dalam room rack sepotong kertas seukuran slip dengan tulisan “SO
dari tanggal…….……..sampai tanggal…………..”
If guest advise will out sleep with left luggage in room, hence
reception insert above room rack slip in room rack a piece of paper like slip
size with article " SO of date…….……..until date………………
-
Untuk membedakan tamu, sebaiknya room rack slip
dibedakan warnanya, misalnya : warna putih untuk tamu FIT (perorangan), biru
untuk tamu rombongan, merah muda untuk tamu VIP.
To differentiate guest, better room rack slip differentiated its
colour, for example : white for
individual guest or FIT, blue for the guest of group, and pink for the guest of
VIP.
4.
Menghitung kamar
Calculating room
Menghitung
kamar dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kamar tersedia yang bisa dijual
pada hari itu. Penghitungan harus dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk
memperoleh informasi kamar yang akurat sehingga didapat resiko seminim mungkin
dalam penjualan kamar, selain itu juga bertujuan memberi gambaran yang lebih
jelas akan adanya kemungkinan perpanjangan tinggal di hotel dan memberi
gambaran situasi kamar kepada petugas shift berikutnya.
Cara menghitung kamar :
Calculate room done to know there is room available which can be
sold that day. Enumeration must be done several times in one day get accurate
room informations is so that got risk minimaly in sale of room, besides also to
give clearer picture there will be possibility of extention live in hotel and
give the image of room situation to officer of next shift. Way calculate room :
Contoh :
- Jumlah seluruh kamar ( a ) :
102 kamar
Example :
- Jumlah kamar house use ( b ) : 2 kamar
-
Jumlah kamar terisi (
c ) : 70 kamar
-
Kamar kosong : 30 kamar
-
Kamar check-out hari ini (
d ) : 29 kamar
-
Kamar akan tiba hari ini (
e ) : 34 kamar
-
Kamar yang dapat dijual :
x = a
- b
y
= ( c – d ) + e
x
= 102 - 2
= 100
y = (
70 -
29 ) + 34
=
41 + 34
=
75 kamar
Kamar yang bisa dijual hari ini =
100 - 75
-
Amount of all rooms ( a ) : 102 rooms
-
Amount of rooms of house
use ( b ) : 2 rooms
-
Amount of rooms occupied
( c ) :
70 rooms
-
Empty rooms : 30 rooms
-
Rooms check out this day
( d ) :
29 rooms
-
Rooms will arrive this
day ( e ) :
34 rooms
-
Rooms able to be sold :
x
= a -
b
y
= ( c – d ) + e
x
= 102 - 2
= 100
y = (
70 -
29 ) + 34
=
41 + 34
=
75 rooms
Rooms able to be sold this day
= 100
- 75
= 25 rooms
5.
Memblok kamar
Blocking room
Kegiatan
menetapkan kamar untuk tamu yang memesan kamar sebelum kedatangannya dengan
memasang blocking card di room rack sesuai dengan nomor kamar yang dimaksud. Yang perlu diperhatikan pada waktu memblok
kamar adalah hal-hal yang berkaitan dengan kamar yang dipesan, seperti : jenis kamar, lokasi, pemandangan,
fasilitas, harga, dll.
Activity specify room for guest which reservation before arrival with tide of blocking card in rack
room as according to such room number. Which require to be paid attention
blocking room is things related to ordered room, like : room type, location,
view, facility, price, etc.
Prosedur
memblok kamar :
Procedure blocking room :
-
Melengkapi
blocking card dengan mencantumkan nomor kamar, nama tamu serta tanggal
kedatangan
Complete blocking card mentioned room number, name of guest
and date of arrival
-
Menyelipkan
blocking card pada room rack sesuai nomor kamar yang ditentukan
Sandwiching blocking card in room rack according to determined
room number
-
Mencantumkan
nomor kamar yang diblok pada room rack slip dan atau pada expected arrival
list
Mentioning room number which is block at room rack slip and or
at expected arrival list
-
Blocking card sebaiknya dibuat dari manila karton
dengan ukuran yang cukup untuk diselipkan pada room rack, dicantumkan nomor
kamar, nama tamu atau nama rombongan dan tanggal kedatangan.
Blocking card better be made of pasteboard manila of the size
which for sandwiched at room rack, mentioned room number, guest name or name of
group and arrival date .
Example :
|
|
|
105
|
COLBERG,
MR |
01 /
09 / 2008 |
- Tamu Rombongan /
Group ( G I T )
Group Inclusive
Travel
Berikut ini penjelasan tentang persiapan kedatangan
tamu rombongan :
Following explanation concerning preparation of entourage guest
arrival
-
Menetapkan
kamar rombongan, selambat-lambatnya pada pagi hari sebelum rombongan tiba. Diusahakan kamar-kamar yang berdekatan dalam
satu lantai atau blok yang sama untuk memudahkan pekerjaan pelayanan tamu. Bila pada hari yang sama tiba lebih dari satu
rombongan, maka blocking card untuk masing-masing rombongan dibedakan warnanya.
-
Specifying room of
group, at the latest at morning before the group arrive. To be laboured nearby
rooms in one floor is same or block to
facilitate work of guest service. If on the same day arrive more than one
group, hence blocking card to the each group differentiated its colour
-
Group
information, adalah informasi tentang rombongan yang akan tiba yang berguna
untuk persiapan menerima kedatangan rombongan bagi departemen lain yang
terkait. Group information dipersiapkan dengan mengutip informasi dari group
reservation berupa informasi yang disetujui kedua belah pihak dan rooming list
yang dikirim oleh pemesan kepada hotel.
-
Group Information, is
information concerning group to arrive which good for preparation accept group
arrival for other relevant department. Information Group drawn up cited
information of reservation group form of information agreed by both parties and
rooming list sent guest to hotel
-
Mempersiapkan
daftar nama tamu rombongan, room rack slip, guest card dan amplopnya. Rooming list dibuat berdasarkan informasi
yang ada pada group reservation dan rooming list yang diterima dari pemesan
kamar. Informasi penting yang
dicantumkan pada rooming list adalah :
nama rombongan, waktu dan tanggal kedatangan, waktu dan tanggal keberangkatan,
jenis angkutan yang dipakai pada saat tiba dan berangkat, jumlah dan jenis
kamar, jumlah orang, nama pimpinan rombongan, nomor-nomor kamar yang dipakai,
nama dari anggota rombongan,tanda tangan anggota rombongan dan catatan
(request)
Preparing checklist of group, room rack slip, guest card and
envelope. Rooming list made pursuant to information on group reservation and
rooming list accepted from guest. Important information which mentioned at rooming list
is : name of group, time and arrival date, time and departure date,
transportation type weared when arriving and leaving, room types and number. of
room, number of persons, name of leader, number of rooms occupied, name of
members of group, signeture of members of group, and requests
-
Mempersiapkan room rack slip of GIT. Room rack slip dapat dibuat setelah daftar
tamu rombongan selesai dibuat, dengan mencantumkan nama rombongan, karena tamu
tidak mengisi registration card. Pada
slip tidak dicantumkan harga kamar, tetapi dicantumkan dalam master bill tamu
yang akan diserahkan kepada pimpinan rombongan.
Preparing room rack slip of GIT. Room rack slip can be made
after guest of group list have been made, mentioned the name group, because
guest do not fill registration card. At
slip do not be mentioned room price,
but in master bill of guest to be
delivered to group leader
-
Mempersiapkan guest card. Guest card dibuat untuk semua peserta
rombongan dan dipersiapkan berdasarkan
daftar nama rombongan. Guest card diisi
dengan nama tamu, nomor kamar, tanggal tiba, tanggal berangkat, harga kamar
dikosongkan.
Preparing guest cards.
Guest cards made for all participants of group and prepared
pursuant to group checklist. Guest cards filled by guest name, room number,
arrival date, departure date, room price emptied
-
Registration card hanya dipersiapkan untuk pimpinan
rombongan
Registration card only prepared for the leader of group
-
Mempersiapkan amplop untuk semua peserta yang
berisi guest card, key card dan surat-surat untuk tamu kalau ada. Bagian
depan amplop dicantumkan informasi nama tamu, nama rombongan dan nomor kamar.
Preparing envelope for all participants containing guest card,
key card and letters for guest if exist.
Envelope frontage mentioned information of name of guest, name of group and
room number
- Tamu VIP
Very Important Person
Persiapan
penerimaan tamu VIP meliputi : penentuan
kamar, pembuatan daftar tamu VIP, penentuan complimentary atau VIP item yang
akan diberikan kepada tamu, mempersiapkan registration card, guest card dan
amplopnya.
Preparation of acceptance
VIP : determination of room,
making list of VIP, determination of complimentary or VIP item to be given to
guest, preparing registration card, guest card and envelope :
- Penentuan kamar
Kamar
ditentukan sedini mungkin setelah reservasi diterima, kamar ditentukan yang
terbaik sesuai dengan jenis kamar yang dipesan.
Determination of Room
room determined early possibly after reservation accepted, room
determined the best as according to
ordered room type
-
Daftar tamu VIP
Mencantumkan nama-nama
dari tamu yang akan datang sehingga bagian yang terkait dengan penerimaan tamu
bisa mengetahui kedatangan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan
baik. Informasi yang tercantum dalam
daftar tamu VIP adalah : nomor kamar,
nama tamu, jabatan, jam tiba, lama tinggal, dan keterangan tentang hal-hal yang
perlu mendapat perhatian khusus.
List of VIP
Mention the name of guest to arrive so that shares which related
to acceptance of guest know arrival and
prepare everything is better.
Information which written in list of VIP is : room number, name of guest,
position, time arrival, time remain, and description concerning things which
require special attention
-
Registration card, guest card, dan amplop
Dipersiapkan
sebelum tamu tiba (pre registration), sehingga pada saat tamu tiba tinggal
meminta tanda tangan saja. Guest card
dan room key dimasukkan dalam amplop dan
diletakkan di atas baki.
Registration card, guest card, and envelope
Prepared before guest arrive ( pre registration ), so that
when guest arrive just to ask signature. Guest card and room key
packed into envelope and put down above tray .
Komentar
Posting Komentar
Perhatian, kami sangat menghargai setiap komentar anda, namun untuk kebaikan bersama tetaplah menulis komentar yang baik.