KUMPULAN SOAL-SOAL HOTEL ACCOMODATION
1. Menurut The Educational Institute of the American Hotel & Motel Association, Industri Pariwisata dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori besar. Industri Pariwisata yang termasuk dalam kategori Lodging Operation adalah :
A. Hotels, Motels, Pensions, Lodging Properties
B. Gift Shops, Souvenir Shops, Art/CraftsShops, ShoppingMalls
C. Hotels, Motels, Pensions, Resorts Hotels
D. Hotels, Motels, Pensions, Ships
E. Hotels, Motels, Pensions, Entertainment
2. Menurut SK Menparpostel no.KM 37/PW.340/MPPT-86 tentang peraturan usaha dan pengelolaan hotel mana intisari pernyataan tersebut yang paling tepat?
A. Mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
B. Bangunan (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.
C. Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.
D. Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian.
E. Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan penunjang lainnya
3. Salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu untuk bersantai atau menunggu kolega (rekan bisnis) yang umumnya berlokasi dibagian depan hotel dikenal dengan istilah ....
A. Restaurant
B. Bar
C. Lobby
D. Room
E. Swimming pool
4. Industri perhotelan memiliki karakteristik yang unik yang membedakan dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya. Salah satu perbedaan antara hotel dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya adalah ....
A. Industri hotel memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga kerja yang sedikit
B. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
C. Menghasilkan dan memasarkan produknya tidak bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
D. Beroperasi selama 24 jam sehari dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya dan tutup pada waktu hari libur
E. Memperlakukan pelanggan seperti teman selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha
5. Keramah-tamahan dari petugas hotel, kenyamanan dalam kamar tamu, keindahan dan keamanan lingkungan hotel merupakan karakteristik dari industri perhotelan yang dapat dikelompokkan dalam....
A. Tangible product
B. Intangible product
C. Perishable goods
D. Non perishable goods
E. Services Excellent
6. Hotel yang tidak mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaannya tidak berinduk pada perusahaan lain, biasanya merupakan hotel-hotel kecil dan kelas menengah milik keluarga dan dikelola tanpa mengikuti prosedur maupun pengoperasian tertentu dari orang lain dikelompokkan ke dalam ....
A. Independent Hotel
B. Parent Company
C. Management Contract
D. Franchise
E. Referal Group
7. Management Contract yaitu hotel-hotel yang memisahkan antara kepemilikan dengan pengelolaannya. Pemilik hotel membeli jasa pengelolaan dari perusahaan lain dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan perjanjian sebelumnya, salah satu hotel di Surabaya yang termasuk dalam kategori Management Contract `adalah ....
A. The Ritz Carlton
B. Four Seasons
C. Intercontinental Hotels
D. Hyatt Intercontinental
E. Sheraton
8. Salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia adalah Garuda Indonesia, dalam industri pariwisata Garuda Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam....
A. Lodging Operation
B. Transportation Service
C. Food and Beverage Operations
D. Retail Store
E. Activities
9. Salah satu daya tarik wisata yang ada di Propinsi Jawa Timur adalah Gunung Bromo, selain karena keindahan alam nya di kawasan Gunung Bromo juga terdapat Cultural Events yang ingin di saksikan oleh wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing yang dikenal dengan upacara ....
A. Ngaben
B. Tedhak siten
C. Sekaten
D. Kasodo
E. Grebeg Suro
10. Mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan serta melaksanakan persiapan kamar yang meliputi perlengkapan, kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan pelayanan maksimal yang diberikan kepada tamu merupakan tugas dan tanggung jawab dari departrmen ....
A. Human Resources Department
B. Front Office Department
C. Housekeeping Department
D. Food and Beverage Department
E. Engineering Department
11. Melaksanakan perbaikan dan perawatan perlengkapan yang ada di kamar dan peralatan lain, mesin-mesin, computer, audio visual, pendingin dan alat elektronik lainnya yang ada di seluruh hotel merupakan tanggung jawab dari departemen ....
A. Human Resources Department
B. Front Office Department
C. Housekeeping Department
D. Food and Beverage Department
E. Engineering Department
12. Secara operasional, area pelayanan hotel dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu front of the house area dan back of the house area. Yang termasuk dalam front of the house area antara lain ....
A. Reception, reservation dan Stewarding
B. Reception, reservation dan Purchasing
C. Reception, reservation dan Income Aaudit
D. Reception, reservation dan Uniformed Service
E. Reception, reservation dan Training & Development
13. Pengertian sanitasi adalah....
A. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
B. Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi
C. Suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia
D. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
E. proses untuk menciptakan bersih terhadap sesuatu, bebas dari pengotor fisik dan kelihatan menyenangkan
14. Pengertian dari Hygiene adalah...
A. proses untuk menciptakan bersih terhadap sesuatu, bebas dari pengotor fisik dan kelihatan menyenangkan
B. Suatu pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada usaha kesehatan perseorangan atau manusia beserta lingkungan tempat orang tersebut berada
C. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
D. Mencegah timbulnya penyakit menular
E. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
15. Penyebab dari kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah....
A. Dikarenakan jenis bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan
B. Membaca label pembungkus dan mengikuti petunjuknya
C. Tempat limbah harus dipelihara dan ditangani dalam kondisi yang aman
D..Menurunnya daya pendengaran
E. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
16. Yang bukan merupakan prinsip pencegahan yang mengakibatkan kebakaran dari pemakaian peralatan adalah ….
A. Jangan mempergunakan peralatan yang anda belum pernah dilatih untuk mempergunakannya
B. Periksalah peralatan sebelum dan sesudah digunakan
C. Mengetahui jenis bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan
D. Lakukan pemeliharaan secara berkala
E. Hindari kerusakan pada kabel peralatan
17. Alat pemadam kebakaran yang terdapat di kamar tamu
A. Spinkler
B. Fire Extinguisher
C. Chemical powder
D. Foam
E. Gas
18. Salah satu alat pelindung yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi adalah ....
A. Toilet Bowl Brush
B. Sponge
C. Hand Glove
D. Dry Cloth
E. Booth
19. Alat sanitasi ,hygiene & keselamatan kerja untuk membersihkan kaca pada gedung tinggi adalah sebagai berikut kecuali
A. Safety goggles
B. Safety beltH
C. Helmet ,
D. Net
E. Hand Glove
20. Prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan adalah ....
A. Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau korban kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar untuk mencegah cacat atau maut
B. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
C. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
D. Suatu pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada usaha kesehatan perseorangan atau manusia beserta lingkungan tempat orang tersebut berada
E. Suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia
21. Salah satu contoh penerapan sanitasi,hygiene dan keselamatan kerja adalah....
A. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan
B. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
C. Mengetahui jenis bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan
D. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
E. Melakukan pemeliharaan secara berkala pada peralatan
22. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan penampilan pribadi/personal hygiene adalah:
A. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan
B. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
C. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
D. Pemeriksaan kesehatan secara rutin
E. Gunakan pakaian yang bersih dan licin
23. Penerapan Pertolongan pertama pada kecelakaan salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah....
A) Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian
B) Mengurangi penderitaan korban.
C) Mempertahankan hidup korban
D) Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
E) Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
24. Prosedur penerapan evaluasi terjadinya kebakaran dari pemakaian peralatan adalah...
A. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
B. Periksalah peralatan sebelum dan sesudah digunakan
C. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
D. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan
E. Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian
25. Yang bukan merupakan prosedur keselamatan kerja adalah …
A. Mengantisipasi keberadaan faktor penyebab bahaya dan melakukan pencegahan sebelumnya.
B. Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat kerja
C. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
D. Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi.
E. Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian
Komentar
Posting Komentar
Perhatian, kami sangat menghargai setiap komentar anda, namun untuk kebaikan bersama tetaplah menulis komentar yang baik.