KUMPULAN SOAL-SOAL PERHOTELAN

1

Bagian atau komponen dari room attendant trolley yang berfungsi untuk menampung linen soil adalah….

A.    Gasbish humper

B.     Guest Supplies dan amenities rack

C.     Linen Soil

D.    Linen humper

E.     Linen runner

2

Untuk meringankan pekerjaan room attendant, sampah yang dikumpulkan dari kamar tamu di tempatkan di bagian…. Pada trolley

  1. Room rack
  2. Garbish humper
  3. Linen humper
  4. Caddy bucket
  5. Pantry 

3

Dibawah ini linen kamar tidur yang tidak ditata pada room attenant trolley adalah….

A.    Single sheet

B.     Pillow case

C.     Duvet cover

D.    Bed skirt

E.     Double sheet

4

Departemen di hotel yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, dan kenyamanan hotel adalah…

A.    Marketing departemen

B.     Housekeeping departemen

C.     Engineering departemen

D.    Security Departemen

E.     Front Office Departemen

5

Salah satu bentuk kerjasama antara housekeeping departemen dengan HRD departemen adalah…

A.    Melakukan pemeliharaan dan pembersihan area-area Food & Beverage outlet, seperti restaurant, bar, ruang rapat dan sebagainya, termasuk menyediakan linen bersih yang diperlukan.

B.     Terhadap perawatan atau perbaikan atas kerusakan atau permasalahan interior dan eksterior.

C.     Membantu melakukan pembelian barang-barang yang diperlukan oleh housekeeping.

D.    Membantu proses rekruitmen karyawan baru, pendataan karyawan, orientasi dan training program serta konseling karyawan.  

E.     Berkoordinasi apabila terjadi hal-hal yang perlu dilakukan pemeriksaan, seperti keamanan seluruh area dan keselamatan tamu di kamar.

6

Manual cleaning equipment yang dipergunakan untuk melakukan dump sweeping adalah….

A.    Broom, dust pan, dust bag

B.     Bucket, floor stick, floor cloth

C.     Broom, dust pan, bucket

D.    Floor stick, mop, bucket

E.     Vacuum cleaner, broom, dust pan

7

Alat pembersih bagian dalam jamban disebut…

A.    Hand brush

B.     Toilet brush

C.     Toilet bowl brush

D.    Sepon

E.     Sanitising cloth

8

Bahan pembersih yang berfungsi sebagai pembunuh kuman atau bakteri adalah…

A.    Antiseptic

B.     Desinfectant

C.     Cleaner

D.    Deodorizer

E.     Compact

9

Deodorazing bertujuan untuk…

A.    Menghilangkan bau tak sedap

B.     Menetralizir bau busuk

C.     Membersihkan kotoran

D.    Membersihkan ruangan yang berbau

E.     Mengharumkan ruangan

10

Jenis lantai ini sering digunakan untuk menata ruang karena penataan bentuknya yang artistic dan kuat, biasanya dipergunakan di restaurant, fitness room, bar (tempat dansa), ruang massage, lantai ini disebut dengan lantai...

A.    Vynil

B.     Marble

C.     Keramic Tile

D.    Parquete

E.     Rubber

11

Carpet dibedakan menjadi 2 kelompok bahan karpet, yaitu…

A.    Serat Alam dan Serat Rami

B.     Serat Alam dan Serat Kapas

C.     Serat Alam dan Serat Kayu

D.    Serat Alam dan Serat Sintetis

E.     Serat Alam dan Serat Buatan

12

Alat pembersih makinal yang digunakan untuk membersihkan corridor yang beralaskan karpet adalah ...

A.    Blower, shampoing karpet, dan vacum cleaner

B.     Wet Vacum Cleaner, dry Vacum Cleaner, dan Floor Maintenance Machine

C.     Blower, shampoing karpet, vacum cleaner, dan mop wringer

D.    Wet Vacum Cleaner,  Floor Maintenance Machine, dan mop wringer

E.     Wet Vacum Cleaner, dry Vacum Cleaner, dan Floor Maintenance Machine

13

Alat yang digunakan untuk memberi tanda peringatan supaya tamu atau siapapun yang lewat berhati-hati pada saat pembersihan lantai adalah ...

A.    Palang tanda peringatan

B.     Danger notice

C.     Palang merah tanda bahaya

D.    Coution dry floor

E.     Area diberi trolley mop

14

Status kamar yang disewa tamu dimana tamu tidak tidur di hotel disebut ….

A.    Occupied

B.     Occupied no luggage

C.     Sleep out

D.    Out of order

E.     House use

15

Dibawah ini adalah jenis-jenis kunci yang di bawa oleh room attendant untuk membuka seluruh kamar pada satu section adalah ….

A.    Pass key

B.     Guest key

C.     Master key

D.    Grand master key

E.     Emergency key

16

Etika memasuki kamar tamu adalah…

A.    Ketuk pintu 3 kali, ucapkan salam, sebutkan nama dept, sampaikan maksud dan tujuan.

B.     Ucapkan salam, sampaikan maksud , sebutkan nama dept.

C.     Sampaikan maksud , sebutkan nama dept, ucapkan salam.

D.    Ketuk pintu 2kali , sebutkan nama dept, ucapkan salam.

E.     Ketuk pintu 2 kali , beri salam , sebutkan maksud dan tujuan

17

Pada saat memasuki kamar tamu untuk membersihkan kamar dengan status occupied, tiba-tiba anda melihat kejanggalan yaitu ada barang-barang yang mencurigakan. Langkah apa yang anda lakukan terhadap kejadian tersebut ?

A.    Membereskan barang tersebut, tidak menyentuh barang tersebut, dan laporkan kepada room supervisor/ order taker untuk ditindaklanjuti

B.     Tidak menyentuh barang tersebut, laporkan kepada room supervisor / order taker untuk ditindak lanjuti dan identifikasi barang tersebut

C.     Tidak usah di identifikasi barang tersebut, tidak menyentuh barang tersebut, laporkan kepada room supervisor / order taker untuk ditindak lanjuti

D.    Mengidentifikasi barang tersebut, tidak menyentuh barang tersebut, laporkan kepada room supervisor / order taker

E.     Mengamankan barang tersebut di locker

18

Langkah kerja setiap penbersihan alat sanitasi dengan  melakukan  kegiatan-kegiatan. Kegiatan awal pada pembersihan toilet bowl adalah…

A.    Pre washing

B.     Washing

C.     Flushing

D.    Rinsing

E.     Draying

19

Kegiatan membuka lena tempat tidur satu persatu sebelum tempat tidur dibersihkan disebut ….

A.    Making bed

B.     Turn down bed

C.     Clear up bed

D.    Turn down bed

E.     Stripping bed

20

Dibawah ini teknik yang paling tepat untuk menata linen adalah…

A.    Diletakkan pada linen rack diatur perjenis dan lipatan satu menghadap ke depan

B.     Diletakkan pada linen humper diatur perjenis dan lipatan satu menghadap ke depan

C.     Diletakkan pada amenities rack per jenis dan logo menghadap ke depan

D.    Diletakkan dimana saja boleh , per jenis logo menghadap ke depan

E.     Pernyataan  diatas semua salah

21

Bagian dari department di hotel yang melaksanakan pencucian (laundry, dry cleaning ataupun pressing) untuk linen, uniform staff, dan pakaian tamu disebut dengan ...

A.    Laundry

B.     Laundry section

C.     Laundry department

D.    Laundry transaction

E.     Laundry processing

22

Cheker memiliki rincian tugas ...

A.    Mencuci linen dan pakaian

B.     Memberikan chemical pada linen

C.     Melicinkan linen dan pakaian

D.    Melakukan tugas spotting

E.     Memeriksa dan memisahkan linen dan pakaian

23

Mesin yang digunakan untuk mencuci dry cleaning adalah….

A.    In house washing machine

B.     In house guest valet machine

C.     Washing machine

D.    Dry cleaning machine

E.     Drying tumbler machine

24

Mesin untuk memberi tanda/kode pada pakaian tamu disebut...

A.    Tumbler

B.     Polymark marking mechine

C.     Extractor

D.    Washer mechine

E.     Ironer mechine

25

Definisi dari valet yang benar dibawah ini adalah ...

A.    Petugas yang menangani pelayanan makanan dan minuman tamu

B.     Petugas yang menangani pelayanan pencucian pakaian tamu

C.     Petugas yang menangani pengambilan cucian kotor tamu

D.    Petugas yang menangani penyetrikaan pakaian tamu

E.     Petugas yang menangani pencucian pakaian tamu

26

Pelayanan cucian tamu dimana pakaian bisa diambil/ diantar antara jam 07.00 – 17.00 dan akan diselesaikan dalam waktu 4 jam disebut …

A.    Reguler service

B.     Express service

C.     One day service

D.    Same day service

E.     Pressing only

27

Label berikut ini memberikan instruksi untuk …

A.    Berikan pemutih bila perlu

B.     Tidak boleh menggunakan pemutih

C.     Harus diberikan pemutih

D.    Dicuci dalam larutan putih

E.     Diproses dalam mesin cuci

28

Seseorang Guest yang menginap di Hotel A meminta pelayanan Laundry, pakaian yang akan di laundry diantaranya sebagai berikut;

 3 T-Shirt @ Rp. 35.000,00

 2 Jacket @ Rp. 45.000,00

 3 Trouser @Rp. 40.000,00

Hitunglah Harga laundry yang harus di bayar,,,,(Task and service 21%)

A.    Rp. 300.000,00

B.     Rp. 381.150,00

C.     Rp. 380.150,00

D.    Rp. 381.000,00

E.     Rp. 381.100,00

29

Bapak Eko yang menginap di Room 201 meminta pelayanan Laundry, pada saat pengambilan petugas Valet mengambil pada pukul 12.00. Bapak Eko meminta kepada petugas valet agar pakainya selesai pada pukul 16.00. Pakaian yang di laundry diantaranya sebagai berikut;

2 T-Shirt @ Rp. 25.000,00

3 Trouser @Rp. 35.000,00

2 Shirt @ Rp. 30.000,00

Hitunglah Harga laundry yang harus di bayar,,,,(Task and service 21%)

A.    Rp. 390.200,00

B.     Rp. 390.225,00

C.     Rp. 390.230,00

D.    Rp. 390.226,00

E.     Rp. 391.000,00

30

Pada pukul 14.00 Wita Mr. Andre meminta pelayanan cucian laundry. Pada saat petugas Valet menjelaskan mengenai pelayanan cucian Laundry, Mr. Andre meminta agar pakaian yang dicuci agar selesai sebelum pukul 17.00 Wita. Pakaian yang di Laundry diantaranya sebagai berikut;

2 Shirt @ Rp. 30.000,00

1 Safari @ Rp. 50.000,00

3 Trouser @ Rp 45.000,00

Hitunglah Harga laundry yang harus di bayar,,,,(Task and service 21%)

A.    Rp. 590.000,00

B.     Rp. 592.900,00

C.     Rp. 591.900,00

D.    Rp. 592.000,00

E.     Rp. 593.000,00

31

Pimpinan tertinggi dibagian Front Office ...

A.    Chief

B.     Executive Lounge Manager

C.     Guest Relation Supervisor

D.    Front Desk Supervisor

E.     Front Office Manager

32

Layanan menangani panggilan telepon keluar disebut …

A.    Outgoing call

B.     Wire/Spot

C.     House call

D.    Wake- up call

E.     Emergency call

33

Berikut ini percakapan antara operator telepon dengan penelepon:

1)      Caller    : No thanks. I will call back. Thank you very much

2)      Operator : You are welcome

3)      Caller     : I want to calling Mrs. Algis Ganendra?

4)      Operator : Good afternoon, telephone operator may I assist you ?

5)      Operator : Hello Mr. Bryan, the line still  busy, would  you like to wait ? 

Urutan percakapan sambungan telepon dari Mr. Bryan untuk Mrs. Algis Ganendra sesuai standar operasional prosedur adalah …

A.    3 – 2 – 5 – 4 - 1

B.     2 – 3 – 5 – 1 – 4

C.     4 – 3 – 5 – 1 – 2

D.    5 – 4 – 1 – 3 – 2

E.     4 – 1 – 3 – 2 - 5

34

Harga kamar khusus untuk tamu yang menginap di hotel pada hari sabtu dan minggu disebut …

A.    Corporate rate

B.     Week end rate

C.     Travel agent rate

D.    Embasay rate

E.     Airline crew  rate

35

Data tamu yang diperlukan pada saat melakukan pemesanan kamar adalah …

A.    Jumlah kamar, No Identits, Tanggal Check in/check out.

B.     Nama tamu, Jumlah kamar, Tanggal Check in/check out, Jenis kamar, No telepon, Cara pembayaran.

C.     Jumlah kamar, Tanggal Check in/check out, Harga Kamar

D.    Jumlah kamar, jumlah tamu, jumlah pembayaran, nama tamu

E.     Jumlah kamar, Deposit, nama tamu

36

Pada saat melakukan pemesanan kamar Mr. John  menginginkan pemandangan kamarnya menghadap ke pantai dan terdapat pintu penghubung dengan kamar disebelahnya, hal tersebut harus dicatat pada kolom …

A.    Extend

B.     Cross reference

C.     Type of payment

D.    Length of stay

E.     Special request

37

Rombongan dari kampus Brawijaya Malang yang sudah melakukan reservasi untuk tanggal 28 November 2018 ternyata dibatalkan karena acara dipindah ke Surabaya, maka pembatalan tersebut akan dituliskan pada formulir …

A.    Group reservation form

B.     Group Amandment

C.     Group cancellation form

D.    Group reservation change

E.     Rooming list

38

Untuk menjadi seorang resepsionis hotel yang professional, pengetahuan dan keterampilan sangat perlu dimiliki oleh seseorang. Selain itu tidak kalah pentingnya ia pun harus memiliki kepribadian yang baik karena…..

A.    Kemampuan berbahasa asing bisa berkomunikasi dengan tamu manca negara

B.     Pengetahuan memberikan kemudahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan

C.     Kepribadian seseorang sangat besar pengaruhnya terhadap hasil pekerjaannya

D.    Beroriantasi mendapatkan tip atau imbalan dari tamu

E.     Sebuah penghargaan dari menejemen

39

Untuk membawa barang bawaan tamu yang jumlahnya relatif banyak yang digunakan oleh Porter/Bellboy disebut…..

A. Luggage Trolley

B.  Linen trolley

C.  Tray

D. Traveling bag

E.  Trunk

40

Usaha perhotelan dimanapun pada umumnya mempunyai peraturan yang mengharuskan tamunya untuk memberikan keterangan mengenai dirinya dengan cara mengisi daftar isian  yang ada pada………

A. Registration form

B.  Voucher hotel

C.  Guest card

D. ID card

E.  Hotel card

41

Kedatangan tamu untuk check-in yang tanpa didahului dengan proses pemesanan terlebih dahulu disebut........

A. Check-in guest individual

B.  Check-in guest group

C.  Walk-in guest

D. Late check-in

E.  Quick check-in

42

Teknik penanganan barang bawaan tamu dengan cara menumpuk barang adalah………..

  1. Stacking
  2. Lifting
  3. Soaking
  4. Washing
  5. Drying

43

Persiapan awal yang dilakukan oleh seorang reseptionis sebelum melanjutkan pekerjaan utamanya, mereka harus mengetahui informasi terkini tentang hal atau masalah-masalah yang memerlukan tidak lanjut dari petugas dalam kelompok kerja ( shift ) terdahulu kepada kelompok kerja berikutnya, dengan cara membuka dan membaca……..

A. Log book

B.  Brochure

C.  Notes

D. Working schedule

E.  Daily news paper

44

Dinner spoon merupakan jenis peralatan…..

A.    China ware  

B.     Silver ware

C.     Makan

D.    Garnish

E.     Golden ware

 

45

B&B plate singkatan dari ....

A.    Bread and Butter

B.     Beverage and Butter

C.     Bread and Burning

D.    Butter and Beverage

E.     Boil and bread

 

46

Tugas utamanya adalah melayani tamu. Di samping itu, ia juga bertanggung jawab pada persiapan restoran sebelum restoran di buka, merupakan petugas dari

A.    Waiter

B.     General manager

C.     Assistant sause chef

D.    FB manager

E.     Head waiter….

 

47

Jabatan tertinggi pada food and beverage department adalah .....

A.    Assistand FB manager

B.     Housekeeper

C.     FB manager

D.    Waiter

E.     Supervisor

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menata Perlengkapan dan Trolley (room attendant trolley)

MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION