BANK SOAL PERHOTELAN Mana yang bukan merupakan keunikan Indonesia….. a. Keragaman dan keindahan alam b. Keragaman suku dan adat istiadat c. Keragaman kawasan industri d. Keragaman seni dan kerajinan rakyat e. Keragaman ekosistem
Perkembangan industri perhotelan di Indonesia seiring pertumbuhan………. a. Perekonomian bangsa Indonesia b. Kemajuan Zaman c. Industri pariwisata ditanah air d. Budaya bangsa Indonesia e. Kawasan Indonesia
Awal mula berkembangnya industry perhotelan ditanah air adalah karena…….. a. Letak strategis b. Sasaran empuk penjajahan c. Sering disinggahi pedagang belanda d. Memiliki panorama indah e. Bangsa Indonesia suia menjelajah
Yang bukan merupakan pengaruh positif globalisasi pada pertumbuhan industry diindonesia……. a. Menyediakan lapangan kerja b. Meningkatkan perekonomian rakyat c. Menurunkan karakter bangsa Indonesia d. Meningkatnya pemahaman tentang pendidikan pariwisata e. Meningkatnya semangat nasionalisme Asosiasi profesi dibidang Usaha perjalanan wisata diindonesia adalah….. a. WHO b.IHKA c.ASITA d.HPI e.WTO
Pihak yang membayar royalti dan biaya laiinya yang dipersyaratkan oleh francise untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor disebut……. a. franchise b. Sertifikasi c. Management contract d. Franchisor e. referral
Suatu bentuk gabungan hotel yang berdiri sendiri untuk tujuan bersama seperti dalam hal pemasaran,sistem pemesanan kamar dan lain-lain yang dianggap akan lebih menguntungkan apabila hal ini dilakukan bersama-sama tanpa harus mengubah kepemilikinya disebut…… a. promosi b. refferal c. on line d. chain e. franchise Memberikan nama beberapa pelanggan untuk dapat dihubungi oleh lain untuk dapat dihubungi disebut….. a. franchise b. chain c. referral d. kontrak e. induk Pada sistem jaringan,setiap hotel memiliki nama yang sama,maka biaya yang akan dikenakan bagi pemilik hotel adalah…… a. biaya operasional b. biaya brand c. biaya royalti d. biaya brand dan pengelola e. biaya pemasaran
Pemilik hotel diikat dengan aturan/klausal wajib oleh pengelolah hotel,hal ini dilakukan oleh hotel dengan sistem…… a. manajemen kontrak b. referral c. chain hotel d. franchise e. parent company
Perhotelan termasuk jenis usaha….. a. Akomodasi b. Travel guide c. Laundry service d. Guest supplies dan linen supplies e. Linen supplies dan guest humper
Yang harus dipersiapkan terlebih dahulu dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut adalah….. a. Struktur b. Money c. Job fescription d. Metode e. Manager
Istilah untuk bagian-bagian hotel yang tidak bekerja langsung melayanu tamu adalah…… a. Human resources b. Front office c. Back of the house d. Front of the house e. Back Hotel Dibawah ini merupakan bagian-bagian yang langsung bekerja melayani tamu…. a. FB,FO,HK b. FO,HK,Engeneering c. Marketing,FO,HK d. FO,Marketing,FB e. FB,FO,Security The westin resort merupakan hotel bintang 5 dalam manajemen hotel star wood,maka pimpinan utama The Westin Resort adalah…… a. General manager b. Head manager c. Supervisor d. Assistant manager e. Secretary Pak bambang sebagai pimpinan lini pertama pada departemenyang menyediakan makanan dan minuman bagi tamu selama tinggal di hotel,jabatan yang diberikan kepada Pak bambang adalah…… a. Front office manager b. FB manager c. Accountant d. General manager e. Housekeeper
Menggunakan sebagian dan atau seluruh bangunan,ditambah layanan makan dan minum disebut dengan istilah……. a. Hotel b. Villa c. Mansion d. Apartemen e. Lodge Fasilitas yang terdapat di hotel menyediakan layanan minuman beralkohol dan non alcohol kepada tamu yang tinggal di hotel,disebut dengan…… a. Restaurant b. Bar c. Room d. Banquet e. Storing
Departemen ini memiliki tugas dan bertanggung jawab terhadap penjualan kamar,kedatangan tamu ,mulai saat tiba,berangkat dan pindah kamar adalah……. a. Front office b. Housekeeping c. Laundry d. FB e. Engineering Departemen ini memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan ruangan-ruangan yang ada dihotel ,baik yang ada didalam bangunan hotel maupun yang ada diluar bangunan hotel adalah…… a. FO b. Laundry c. HK d. Guest supply e. Guest need Sistem perencanaan harga kamar dimana harga yang dibayarkan sudah termasuk harga kamar itu sendiri ditambah dengan harga kamar makan,dikenal dengan istilah…… a. America Plan b. Full America Plan c. Continental Plan d. Modified American Plan e. European Plan
Hotel kecil dengan jumlah kamar dibawah 150 kamar,diistilahkan dengan…... a. Medium Hotel b. Small Hotel c. Large Hotel d. Average Hotel e. City Hotel Informasi kamar-kamar yang sudah diblok untuk tamu rombongan disebut…. a. Rooming lish b. Bell errand card c. Group errand card d. Errand Control Shett e. Depature baggage Claim
Penitipan barang-barang tamu yangt berharga ( valuable things ) ditempatkan pada…… a. Office b. Store c. Safety box d. Box e. Drawer Kartu atau formulir pengawasan yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat kegiatan bell boy selama menangani barang bawaan adalah….. a. Bell boy control shett b. Bell errand card c. Group errand card d. Errand control shett e. Depature baggae claim
Apakah yang dimaksud dengan administrasi a. Usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan b. Usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan dalam masyarakat c. Usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk bermasyarakat d. Usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk bermasyarakat kesejahteraan dalam mencapai mufakat e. Perekonomian yang mencapai didalam sektor pariwisata
Administrasi dalam anti sempit adalah…. a. Kegiatan yang meliputi dari catat –mencatat b. Kegiatan yang meliputi dari catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang memiliki sifat teknis ketatausahaan c. Kegiatan didalam teknisi untuk mencapai suatu kegiatan organisasi d. Kegiatan yang teknisi untuk mencapai suatu perekonomian organisasi pembukuan ringan e. Kegiatan yang teknisi untuk mencapai suatu perekonomian didalam agenda
Menurut Ulbert, pengertian administrasi secara sempit didefinisikan sebagai……. a. Penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dan manual b. Menyediakan sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan bersama c. Penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh d. Penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali data yang dilasir e. Penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal
Ada berapakah fungsi administrasi tersebut…. a. 3 b. 4 c. 5 d. 7 e. 8 Manakah yang bukan merupakan ciri – ciri administrasi….. a. Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 individu atau lebih b. Ada kerja sama c. Ada proses atau usaha d. Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan e. Ada konsfirasi terselubung Suatu ruangan atau lapangan yang tertutup ,terbuka, bergerak atau tetap tempat tenaga kerja, beraktifitas atau sering dimasuki tenaga kerja untuk keperluan usaha adalah arti dari… a. Employee b. Pekerja c. Departement d. Karyawan e. Tempat Kerja
Suatu kondisi fisik, mental dan sosial seorang pekerja yang bebas dari penyakit, gangguan dan menunjukkan kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan dan pekerjaannya adalah termasuk dari pengertian dari… a. K3LH b. EMPLOYEE c. Kesehtan Kerja d. UNIFORM e. LOST and FOUND Sebelum pekerja itu diterima bekerja akan dicek kesehatan jasmaninya terlebih dahulu sehingga departemen personalia akan mengetahui kemampuan fisik seseorang, pengecekan tersebut sering disebut… a. kartu sehat b. preplacement physical examination c. physical health and mental health d. surat keterangan dokter e. general check-up kesehatan
Departement HRD dalam menjaga kesehatan karyawannya supaya tetap sehat maka setiap periode tertentu akan mengadakan pengecekan kesehatan karyawan secara menyeluruh kegiatan ini sering disebut… a. kartu sehat b. sanitasi dan hygiene c. rontegen d. surat keterangan dokter e. general check-up kesehatan Jasmani karyawan secara berkala dicek di tempat kerja untuk mengetahui keadaan kesehatan pekerjanya di masing-masing departemen oleh PERSONALIA yang disebut… a. rontegen b. sanitasi dan hygiene c. periodic physical examination for all key personel d. surat keterangan dokter e. clinic public
Program kesehatan kerja dapat dibedakan menjadi dua , adalah menurut pendapat seorang ahli yang mengetahui tentang pekerja namanya adalah… a. Mondy b. Aristoteles c. Asep Deni (1955) d. Noe e. Flippo (1984,537)
Lambang keselamatan dan kesehatan kerja ditetapkan dalam kepmen… a. No.125/MEN/1987 b. No.145/MEN/1987 c. No.165/MEN/1987 d. No.135/MEN/1987 e. No.155/MEN/1987 Perusahaan sangat mengharapkan di tempat kerja benar-benar aman terhindar dari kecelakaankerja karena akan sangat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan tersebut,bagi hotel yang memang benar-benar tidak ada kecelakaan di hotel akan mendapatkan sertifikat … a. zero accident b. medium accident c. hight full accident d. full accident e. large no accident Ketaatan pekerja memakai alat – alat pelindung kerja adalah hal yang merupakan salah satu faktor mencegah terjadinya kecelakaan kerja,misalnya untuk terhindar dari terhirup zat kimia sebaiknya selalu mengenakan alat pelindung… a. helmet b. hand glove c. stairs d. safety belt e. masker Seorang siswa SMK NUSA DUA setelah jam pelajaran berakhir menemukan hand phone tertinggal di salah satu bangku temannya dan temannya itu sudah pulang terlebih dahulu, tindakan yang benar dilakukan oleh siswa tersebut adalah… a. Mengambil hand phone tersebut dan dibawa pulang b. Membiarkan tetap di tempatnya supaya tidak ada masalah c. Mengambil hand phone tersebut dan mematikan supaya tidak nyambung d. Mengambil hand phone tersebut dan mengganti pakai nomor sendiri e. Mengambil hand phone tersebut dan melaporkan kepada guru atau petugas yang ada
Apabila seorang employee atau staff menemukan barang tamu di tempat kerja maka barang tersebut di bawa ke… a. Locker sendiri untuk diamankan b. Titip di locker teman yang departemennya berbeda c. Bagian petugas yang menangani baraang kehilangan d. Locker sediri,.Catat nama barang dan lokasi penemuan untuk disimpan e. Tempat yang tersembunyi dan diambil apabila sudah tamunya check-out Semua jenis barang tamu yang ketinngalan atau hilang di hotel disebut dengan… a. Lost and All b. Lost and Found c. Lost and Soild d. Lost and Safety e. Lost and Find
Which one off departement is keep for the health employees? a. Front Office department b. Engeneering Departement c. Human Resources Departement d. Accounting Departement e. Food and Beverage Departement Keamanan pada suatu hotel sangat dipengaruhi oleh tersedianya sarana untuk menjaga keamanan terutama mencegah terjadinya kebakaran, sarana yang tepat untuk hal tersebut adalah… a. Security b. .Front office c. Clinic d. Housekeeping e. Hydrant Alat yang berfungsi untuk menyebabkan alarm fire berdering akibat adanya tanda- tanda akan terjadinya kebakaran adalah… a. Door man b. Smoke Detector c. Trolly Mop d. Security e. Hydrant
|
Komentar
Posting Komentar
Perhatian, kami sangat menghargai setiap komentar anda, namun untuk kebaikan bersama tetaplah menulis komentar yang baik.