KUMPULAN SOAL-SOAL PERHOTELAN
1. Persiapan yang harus dilakukan sebelum prepare trolley , kecuali...
A. Fromulir roomboy/maid
B. Kunci kamar
C. Alat tulis
D. Uang
E. Block Not
2. Berapa jumlah air mineral yang diperlukan untuk satu kamar..
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
3. Berapa jumlah tissue box yang diperlukan untuk satu kamar ..
A. 2
B. 33
C. 4
D. 1
E. 5
4. Berapa jumlah toilet tissue yang dibutuhkan dalam satu kamar
A. 1
B. 3
C. 4
D. 2
E. 44
5. D&D sign berfungsi untuk
A. Memberi peringatan jangan diganggu
B. Mendata kamar
C. Memberi warning bahwa kamar mandi sudah dibersihkan.
D. Menulis daftar tamu
E. Mengabsen tamu
6. Menjaga kebersihan, kerapian, dan keindahan kamar hotel sehingga menyenangkan dan menarik untuk dijual kepada tamu adalah ...
A. Tugas Food and beverage
B. Tugas Utama Housekeeping
C. Tugas front office
D. Tugas Accounting
E. Tugas Marketing
7. Apabila ada barang tamu tertinggal di kamar, apa langkah pertama yang akan kamu lakukan?
A. Mengambilnya
B. Menyembunyikan
C. Menjual
D. Menyimpannya dan menulis di buku LOST and FOUND
E. Membuang
8. Tanda dari NNS adalah ...
A. Tamu ingin dibersihkan kamarnya
B. Tamu tidak ingin di ganggu
C. Tamu tidak ada di kamar
D. Tamu tidak membutuhkan pelayanan
E. Tamu Keluar akan tetapi barang ada di kamar
9. Formulir yang digunakan untuk acuan membersihkan kamar yang di bawa oleh Room Attendant adalah …
A. Room attendant control sheet/work sheet
B. Discrepancy report
C. Lost & Found Report
D. Housekeeper Report
E. Floor report
10. Dibawah ini yang bukan termasuk dalam kelompok linen supplies adalah…
A. Face towel
B. Pillow case
C. Bath foam
D. Bath mat
E. Bed cover
11. Mop, bucket, floor brush termasuk kedalam jenis…
A. Other supplies
B. Linen supplies
C. Cleaning material
D. Cleaning equipment
E. Mechanical cleaning equipment
12. Dibawah ini adalah jenis-jenis kunci yang ada digunakan oleh room attendant …
A. Emergency key
B. Pass key
C. Master key
D. Grand master key
E. Double lock key
13. Yang termasuk kedalam guest ammenities dibawah ini adalah…
A. Hair shampoo
B. Bible
C. Single sheet
D. Matches
E. Stationary
14. Bagian tempat tidur yang berfungsi melindungi kepala dari benturan pada dinding disebut …
A. Spring box
B. Mattras
C. Bed frame
D. Bed head board
E. Helm
15. Kegiatan membuka lena tempat tidur satu persatu sebelum tempat tidur dibersihkan disebut …
A. Open bed
B. Stripping bed
C. Making bed
D. Turn down service
E. Cleaning the bed
16. Tempat tidur yang dipakai untuk tempat tidur bayi disebut ...
A. Crib
B. Roll away
C. Twin
D. Queen
E. Permanet
17. Apabila pada saat merapikan tempat tidur anda menemukan sheet yang terkena noda, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah…
A. Mengidentifikasi jenis noda pada sheet tersebut dan mengganti dengan sheet baru yang bersih
B. Melapor pada order taker di kantor tata graha
C. Melapor pada supervisor di kantor tata graha
D. Melapor pada laundry department
E. Melaporkan pada valet
18. Nama kolom untuk melihat jumlah guest room supplies yang digunakan setelah anda selesai membersihkan kamar pada format room boy control sheet adalah…
A. Total used
B. Room number
C. Remarks
D. Total received
E. Time in, out
19. Room Attendant control sheet di isi oleh Room Attendant pada saat ...
A. Pada saat awal membersihkan kamar
B. Pada saat akhir membersihkan kamar
C. Pada saat awal dan akhir membersihkan kamar
D. Sebelum membersihkan kamar, pada saat membersihkan kamar, dan sesudah membersihkan kamar.
E. Pada saat menata tempat tidur
20. Barang barang keperluan make up room ,kecuali..
A. Linen supplies
B. Guest suppliesa
C. Other supplies
D. Tray fnb
E. Cleaning material
21. Meal arrangement (pengaturan makanan) yang tamu dapatkan setiap pagi adalah
A. Lunch
B. Dinner
C. Breakfast
D. Supper
E. Coffee break
22. Berikut yang bukan persiapan penerimaan tamu VIP dengan membuat dokumen adalah…
A. Vip List,
B. Vip requisation form
C. RC untuk VIP guest,
D. Group Information list
E. Envlope yang berisi kunci & guest card tamu VIP
23. Wisatawan internasional yang melakukan perjalanan secara individual dan tidak terikat dalam suatu rombongan atau grup, disebut…
A. FITs (Free Independent Travellers )
B. Wisatawan domestic
C. Wisatawan international
D. GITs ( Group Inclusive Tours )
E. Wisatawan
24. Untuk pengaturan makan (meal arrangement) di hotel hendaknya dirinci menurut tanggal dan jenis makanan misalnya. Untuk dapat menentukan meal arrangement petugas harus memahami tentang FAP dan MAP. FAP adalah…
A. Nama sebuah restoran
B. Modified American Plan
C. Full American Plan
D. Alacarte
E. Buffet
25. Rombongan wisatawan yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalam suatu package tour. Biasanya tamu jenis ini melakukan perjalanan dengan perantara travel agent disebut dengan….
A. FITs (Free Independent Travellers )
B. Wisatawan domestic
C. Wisatawan international
D. GITs ( Group Inclusive Tours )
E. Wisatawan
26. Breakfast coupon, Lunch Coupon, dan Dinner Coupon biasa disebut dengan….
A. Hotel coupon
B. Hotel voucher
C. Meal coupon
D. Restaurant voucer
E. ERestaurant coupon
27. Berikut ini yang bukan merupakan Formulir yang disiapkan dalam menangani check in tamu group atau rombongan sesuai SOP adalah…
A. Registration card
B. Cash receipt
C. Guest card
D. Meal coupon
E. Reservation form
28. Semua transaksi digunakan untuk memposting bill yang harus dibayar sendiri oleh anggota group (rombongan) disebut.
A. Personal bill
B. Extra bill
C. Master bill
D. Room bill
E. Group bill
29. Semua transaksi yang digunakan untuk memposting bill yang ditanggung oleh group disebut..
A. Personal bill
B. Extra bill
C. Master bill
D. Room bill
E. Guest folio
30. Yang bukan merupakan alat yang diperlukan dalam menangani check in tamu group sesuai dengan SOP adalah…
A. Imprinter (EDC)
B. Komputer & Printer
C. Key rack & Room Key
D. Tour desk
E. Leranjang atau baki untuk menyusun amplop dan room key
31. Prosedur penanganan kedatangan (check in) tamu group maupun tamu VIP tidak berbeda jauh dengan prosedur penanganan check in tamu individu yang memiliki reservasi. Tahap pertama dalam prosedur itu adalah…
A. overing help
B. proses greeting, welcoming
C. closhing
D. konfirmasi pemesanan
E. registrasi
32. Kamar yang akan ditentukan untuk tamu yang menginap ditentukan sedini mung kin, setelah pemesanan kamarnya diterima. Hal ini termasuk dalam…
A. Pembuatan daftar tamu penting (VIP List)
B. Penentuan kamar (room assignment)
C. Penentuan complimentary (VIP) item yang akan diberikan kepada tamu
D. Mempersiapkan kartu registrasi, kartu tamu, amplop dan welcome letter
E. Persiapan Penerimaan Tamu VIP
33. Berikut yang bukan merupakan informasi penting dalam group information adalah
A. Nama rombongan
B. Nama pimpinan rombongan(tour leader)
C. Jumlah orang dalam rombongan termasuk pimpinan
D. Tanggal kedatangan dan keberangkatan rombongan
E. Jenis barang dalam rombongan
34. Tamu rombongan yang keperluannya untuk melakukan meeting atau pertemuan bisnis. Anggota group ini bisa berasal dari daerah asal yang berlainan, sehingga pada saat kedatangan jam tiba tidak secara bersamaan dengan alat transportasi yang juga beragam. Group ini diatur oleh sebuah panitia (tim) disebut….
A. Group Konfrensi
B. Group Tour
C. Group Agent
D. Group Pemerintahan
E. Group pengusaha
35. Tamu rombongan yang keperluannnya untuk mengadakan tour. Karakteristik tamu ini adalah datang secara bersamaan menggunakan alat transportasi yang sama dan dipimpin oleh seorang tour leader disebut….
A. Group Konfrensi
B. Group Tour
C. Group Agent
D. Group Pemerintahan
E. Group pengusaha
36. Tamu dikatakan sebagai tamu group atau rombongan jika dalam satu pemesanan atau kedatangan terdiri dari…
A. 2 sampai 5 orang
B. 8 orang
C. 10 orang
D. 12 orang
E. 15 orang atau lebih
37. Istilah lain dari Front Office adalah ..
A. Kantor utama
B. Kantor depan
C. Pos keamanan
D. Kantor pemasaran
E. Kantor pos
38. Menjual kamar, memberikan informasi produk hotel, merupakan fungsi dari…….
A. Accounting department
B. Front office department
C. Concierge section
D. Food and beverage department
E. Security department
39. Salah satu bagian dari front office department adalah .....
A. Waiter
B. Waitress
C. Houseman
D. Florist
E. Concierge
40. Tugas utama dari receptionist adalah ...
A. Menjual makanan
B. Menjual kamar
C. Menjual tiket kolam renang
D. Menjual baju hotel
E. Menjual dapur
Komentar
Posting Komentar
Perhatian, kami sangat menghargai setiap komentar anda, namun untuk kebaikan bersama tetaplah menulis komentar yang baik.